0

Minimarket Uswah Mart menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga, sekolah, makanan, minuman, buku dan asesoris. Unit usaha yang dimiliki oleh Uswah Business Comunity (UBC) Tuban ini berada di Jalan Mastrip (depan SMK N 1 Tuban). Pengunjung bisa berbelanja dengan harga murah, mudah dijangkau dan tentunya lengkap. Setidaknya minimarket mampu menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan di Al Uswah Tuban dan masyrakat sekitar.

Al Uswah Tuban merupakan lembaga yang bergerak di pendidikan (LPIT), bisnis/usaha (UBC) dan sosial kemasyarakatan (DSU). Masing-masing bergerak untuk saling melengkapi. Dalam naungan Yayasan Al Uswah Centre Tuban. Di UBC sendiri telah memiliki Rumah Jahit Uswah Collection, Uswah Catering, Uswah Mart, BMT KSPPS Uswah Sejahtera dan Uswah Logistik.

Barang kebutuhan belajar di Uswah Mart (Foto: Admin/2020)
Barang kebutuhan belajar di Uswah Mart (Foto: Admin/2020)

Usaha memajukan kemandirian lembaga menjadi berdaya di sisi ekonomi. Merupakan salah satu kegiatan yang nyata dan positif mengelola keuangan. Unit usaha menjadi peyangga ekonomi lembaga bisnis untuk kembali ke lembaga.  Hasil dari unit usaha untuk kemajuan dan kesejahteraan. Untuk melancarkan kegiatan ini tentu dibutuhkan banyak hal yang mampu mendukung kemajuan tersebut.

Meningkatkan kualitas pendidik, sarana dan prasarana, serta menambah kegiatan. Kegiatan yang lebih bermanfaat dapat menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dalam rangka memajukan lembaga yang lebih berkualitas dan mandiri.

Minimarket berkembang terus di tiap waktunya. Uswah Mart harapannya disukai dan digemari banyak konsumen. Minimarket ini telah beroperasi kurang lebih 5 tahun dengan menjual perlengkapan dari lembaga pendidikan dan sosial Al Uswah. Di UBC Tuban sendiri sebagai unit bisnis Al Uswah terus mengembangkan usaha. Kebutuhan lembaga dicukupi oleh unit bisnis.

Item barang di Uswah Mart (Foto: Admin/2020)
Item barang di Uswah Mart (Foto: Admin/2020)

Direktur UBC Tuban mengatakan, Uswah Mart terus berupaya berinovasi dengan mengimplementasikan layanan berbasis teknologi digital yang terdiri dari pesanan via daring, aplikasi pemesanan dan barcode. Layanan-layanan tersebut akan diterapkan kedepannya sebagai bentuk perkembangan dunia usaha.

Pesanan via daring merupakan layanan pemesanan sekaligus pembayaran barang melalui layar yang terdapat di Uswah Mart. Kemudian pelanggan tinggal mendatangi konter pengambilan atau bisa dianter ke rumahnya.

Kemudian aplikasi pemesanan Uswah Mart yang membantu konsumen untuk melakukan pemesanan dan pembayaran melalui jarak jauh melalui aplikasi di ponsel pintar mereka. Konsumen tinggal menentukan di mana lokasi untuk bisa dianter pesanananya. Bisa menggunakan format yang telah dibuat oleh tim. Uswah Mart melayani pula pembelian dan belanja sekolah via aplikasi SIPlah.

Flyer layanan Uswah Mart (Sumber: UBC/2020)
Flyer layanan Uswah Mart (Sumber: UBC/2020)

Aspek pembiayaan (financing) merupakan yang sangat penting dalam keberlangsungan pendidikan atau lembaga di suatu daerah. Oleh karena itu, dengan adanya usaha mandiri lembaga diharapkan pemasukan keuangan di Al Uswah Tuban dapat bertambah dan sehat. Sehingga segala kebutuhan dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Upaya mendirikan dan menjalankan usaha mandiri lembaga tidak hanya digunakan untuk menambah pemasukan keuangan saja. Usaha mandiri juga didirikan untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan tersebut dapat dilihat dari manfaat yang diberikan oleh usaha mandiri sekolah, baik secara umum maupun khusus.

Logo resmi UBC Tuban (Sumber: UBC/2020)
Logo resmi UBC Tuban (Sumber: UBC/2020)

Manfaat dari adanya usaha mandiri sekolah adalah terciptanya keseimbangan keuangan antara pemasukan dan pengeluaran sekolah. Hal tersebut juga dapat membuat kebutuhan-kebutuhan yang menunjang jalannya pendidikan terpenuhi dan dapat berjalan
dengan baik.

Dalam muwasafat tarbiyah pribadi yang perlu ada pada seorang seorang muslim. Salah satunya, memiliki kemampuan usaha sendiri atau mandiri (qodirun alal kasbi) merupakan ciri lain yang harus ada pada seorang muslim. Ini merupakan sesuatu yang amat diperlukan. Mempertahankan kebenaran dan berjuang menegakkannya baru bisa dilaksanakan manakala seseorang memiliki kemandirian, terutama dari segi ekonomi.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
3
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format