0

Pembatasan kerumunan memang masih diberlakukan di Indonesia seiring dengan perkembangan Covid 19. Namun hal itu tak menciutkan SMAIT Al Uswah Tuban untuk tetap melaksanakan acara wisuda/haflah akhirussanah kelas 12, meskipun tanpa mengundang para wali murid datang langsung ke sekolah.

Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 ini diikuti oleh semua guru dan siswa kelas 10-12 dan ditayangkan secara langsung di akun Youtube SMAIT Al Uswah Tuban (SMAIT ALTUB OFFICIAL) agar para orang tua wali murid kelas 12 dapat menyaksikan seluruh prosesi wisuda dari rumah.

Dalam acara ini, seluruh guru dan siswa diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti tetap memakai masker/face shield dan membawa handsanitizer untuk membersihkan tangan. Hal ini tak menyurutkan para peserta wisuda untuk tetap semangat melaksanakan kegiatan wisuda ini meskipun di tengah cuaca yang panas pada hari tersebut.

Rangkaian acara ini dimulai dari pra-acara yang diisi dengan penampilan rebana yang dibawakan oleh para siswa muslim. Dilanjut dengan acara pembukaan yang berisi tilawah, menyanyikan mars dan hymne, serta sambutan dari Ustaz Mohamad Sahlan selaku Kepala Divisi Pendidikan Al Uswah Tuban. Sedangkan, di acara inti, terdapat dua sub acara, yaitu Ceremonial Haflatul Qur’an dan Ceremonial Graduation.

Foto bersama (muslim) seusai acara (Foto: Humas/2021)
Foto bersama (muslim) seusai acara (Foto: Humas/2021)

Di acara Haflatul Qur’an, para peserta wisuda berbaris untuk menempati kursinya masing-masing dipimpin oleh perwakilan ustaz dan ustazah pengajar Al-Qur’an. Di acara yang penuh khidmat ini, dibacakan pula doa Khotmil Qur’an dalam 3 bahasa, yaitu Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia oleh ananda Mirza (XII MIPA), Diana (XII MIPA) dan Fifi (XII IPS). Sekaligus pembacaan puisi oleh ananda Efa (XII MIPA).

Di akhir acara Haflatul Qur’an, ada juga prosesi pemberian mahkota kepada siswa/siswi yang berhasil mengkhatamkan 30 Juz, yaitu Ananda Itsar dan Ananda Faqiha dari kelas XII MIPA.

Sedangkan di acara Ceremonial Graduation, seluruh siswa kelas 12 maju ke atas panggung satu persatu untuk prosesi wisuda dengan pemberian gordon secara simbolis oleh Kepala Sekolah dan jajaran Wakil Kepala Sekolah. Acara ini dilanjutkan dengan pengumuman lulusan-lulusan terbaik dari berbagai bidang sekaligus pemberian hadiah dan beasiswa kepada siswa yang menerimanya.

Di akhir acara ini, Hikmah Adzkia (XII MIPA) sebagai perwakilan dari angkatan Generasi 4 menyampaikan pesan dan kesannya untuk para asatidz/h dan adik kelas. Selesai memberikan pesan dan kesan, para asatidzah dikejutkan dengan penayangan video yang khusus dipersembahkan oleh siswa kelas 12. Video tersebut berisi ucapan terimakasih kepada jajaran para asatidzah yang sudah berjasa memberikan ilmu dan mendidik mereka selama kurang lebih 3 tahun. Tentu bagian kejutan ini membuat para asatidzah merasa cukup terharu.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp