0

Berapa lamakah anak usia 2-3 tahun mampu fokus pada satu obyek atau kegiatan saja? Di rentang usia ini anak sedang berada dalam masa eksplorasi sehingga rasa ingin tahunya menjadi sangat besar. Anak –anak selaalu ingin mencoba sesuatu yang baru, berlari kesana kemari untuk menjelajah tempat-tempat baru.

Di TPAIT Al Uswah Tuban, anak tidak semata mata dititipkan dan hanya di asuh tetapi anak akan dibimbing dengan kasih sayang. Dibina sedemikian rupa sehingga tercapai ketuntasan perekembangan di tahap awal balita. Tentu yang akan mempengaruhi perkembangan mereka di usia lebih lanjut.

Anak di rentang usia tersebut biasanya jarang mau duduk diam dalam waktu yang lama untuk mengerjakan sesuatu. Itu karena anak-anak memang masih kurang fokus atau sulit menaruh perhatian pada suatu hal. Umumnya anak usia dua rentang konsentrasinya kira-kira tujuh sampai sepuluh menit.

Siswi TPAIT Al Uswah latihan menggunting (Foto: Nana/2020)
Siswi TPAIT Al Uswah latihan menggunting (Foto: Nana/2020)

Dalam upaya meningkatkan konsentrasi anak-anak baby school TPA IT Al Uswah Tuban ustazah pun membuat permainan yang melatih koordinasi organ mata dan tangan. Permainan tersebut misalnya menggunting, mencuci piring, memasukkan biji-bijian ke dalam botol.

Terlihat sangat sederhana tapi sesungguhnya mereka sedang belajar untuk mengendalikan diri, belajar untuk fokus pada satu hal saja. Mendampingi mereka saat bermain bisa dibilang tidak mudah, namun disitulah seninya, seni pendampingan anak usia dini.

Siswi TPAIT Al Uswah lagi mencuci piring dengan mandiri (Foto: Nana/2020)
Siswi TPAIT Al Uswah lagi mencuci piring dengan mandiri (Foto: Nana/2020)

Allah menjadikan setiap anak itu unik, mereka punya khas sendiri yang berbeda satu dengan yang lain. Di TPA IT Al Uswah Tuban anak-anak akan dibimbing ketuntasan tumbuh kembangnya sesuai dengan usia. Ustazah selalu berusaha menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi anak-anak agar bahagia menikmati masa kecilnya. (Na/ed)

(Admin)

 


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp