0

Oleh: Dea Lonita Sari, S.Pd.*

Apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa tidak bersemangat, mudah lelah dan sering menunda pekerjaan? Jika hal itu terjadi pada dirimu, maka kamu harus berhati-hati karena bisa jadi kamu sedang mengalami burnout. Menurut penjabaran Maslach, Schaufeli, dan Leiter (2001) dalam hipwee.com , burnout adalah suatu keadaan atau kondisi seseorang yang mengalami penurunan kualitas emosional, kehilangan motivasi, dan komitmen yang disebabkan dari stres yang terakumulasi dan tidak teratasi.

Burnout bisa disebabkan karena seseorang sering memaksakan diri dalam melakukan suatu hal, melakukan pekerjaan yang terlalu berat di luar batas kemampuan, serta melakukan pekerjaan monoton secara berulang.Kondisi ketika tubuh dan pikiran dipaksa untuk menghadapi stimulus stres secara terus menerus inilah yang menyebabkan seseorang rentan mengalami burnout. Burnout bisa dialami oleh siapa saja.

Nah, apakah kamu sedang mengalami burnout? Berikut adalah gejala burnout yang wajib kamu waspadai;

Kehilangan semangat

Melakukan pekerjaan atau tugas tanpa adanya semangat yang cukup, tentu akan membuat kamu merasakan kelelahan karena energimu semakin terkuras.

Mudah lelah, baik secara mental maupun fisik

Sering merasa lelah berlebihan meskipun rasanya sudah cukup istirahat. Kelelahan ini bersumber dari tuntutan tugas atau pekerjaan dan sedang mengalami konflik

Sensitif dan mudah marah

Ketika kamu lelah, emosi kamu akan lebih mudah tersulut, bahkan pada hal-hal sepele sekalipun. Kamu mungkin jadi mudah marah pada orang lain, bahkan pada orang-orang yang nggak ada hubungannya dengan masalah yang sedang kamu hadapi.

Menghindari interaksi dengan orang lain

Beberapa orang menganggap bahwa berinteraksi dengan orang lain dapat menguras energi. Begitupun dengan orang yang sedang mengalami burnout, mereka lebih memilih untuk menyendiri karena jika bertemu dengan orang lain dia merasa tenaganya sudah habis untuk menyelesaikan seluruh tugas atau pekerjaannya, jadi ia lebih memilih menghabiskan waktu untuk beristirahat

Sering menunda pekerjaan

Gejala burnout yang satu ini memiliki keterkaitan dengan gejala pertama, yaitu kehilangan semangat. Ketika kamu memiliki semangat yang tinggi, kamu akan dengan senang hati menyelesaikan tugas-tugasmu.

Berbeda ketika kamu telah kehilangan semangat dan merasa lelah. Kamu cenderung menunda pekerjaan dan berusaha mencuri-curi waktu untuk beristirahat dengan tujuan dapat mengisi kembali energimu.

Kurang produktif

Saat kamu burnout, kamu sudah terlalu lelah untuk melakukan hal-hal yang biasanya bisa menunjang produktivitasmu. Hal ini berbahaya karena bisa menurunkan kompetensi bahkan prestasimu.

Itulah beberapa gejala burnout yang wajib kamu waspadai. Jika kamu sudah merasakannya, ada baiknya kamu memberikan jeda sejenak untuk dirimu sendiri. Tidak semua hal harus kamu pikirkan dan kamu kerjakan dalam satu waktu sekaligus. *Guru di SMPIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp