0

Oleh: Masruhin, M.A*

Salah satu kecakapan yang harus dimiliki pada abad 21 adalah kreatif. Karenanya pembelajaran di sekolah saat ini dituntut dapat menyesuaikan dan mendukung target tersebut. Maka muncullah pembelajaran abad 21 dan HOTS. Pembelajaran abad 21 yang lebih dikenal dengan 4 C yaitu critical thinking, creativity, collaboration, dan communication, serta high order thinking skill.

Lalu, apa yang disebut kreatif ? Mengapa generasi abad 21 dituntut kreatif?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kreatif adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan. Sedangkan dari beberapa sumber, saya mengartikan kreatif adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang belum pernah ada atau belum pernah dipikirkan orang lain sebelumnya, untuk mempermudah suatu pekerjaan atau menyelesaikan suatu masalah.

Lahirnya penemuan-penemuan teknologi dan karya cipta yang saat ini kita rasakan merupakan hasil kreatifitas manusia. Lampu yang menerangi setiap rumah, pesawat, komputer, social media seperti facebook, whatsapp, youtube, dan lain sebagainya merupakan hasil kreatifitas manusia. Semuanya ditujukan untuk memudahkan kerja dan mengatasi masalah yang ada.

Mengapa Anda harus kreatif ?

Sebenarnya banyak alasan mengapa anda harus menjadi kreatif. Kali ini saya hanya akan memberikan lima alasan mengapa anda harus kreatif.

Menjadi orang yang bermanfaat

Menjadi kreatif akan membuat anda menjadi orang yang lebih bermanfaat. Karena hasil karya yang anda ciptakan dapat memudahkan dan mengatasi suatu masalah. Baik masalah pribadi atau masalah orang lain. Bagaimana seorang Thomas Alfa Edison, penemu bola lampu, termasuk orang yang bermanfaat bagi orang lain. Karena hasil karya yang ditemukan dapat bermanfaat bagi orang lain hingga saat ini.

Mampu bertahan hidup dalam semua keadaan

Bagi orang yang kreatif tidak ada kata ‘mentok’ dalam hidupnya. Bahkan dalam kondisi kepepet, justeru menjadi pemantik lahirnya ide dan gagasan yang cemerlang. Selalu ada jalan keluar dalam setiap persoalan. Selalu ada solusi dalam setiap kondisi. Termasuk di tengah kondisi pandemic. Di sinilah orang kreatif selalu menjadi problem solver.

Membangun kepercayaan diri

Seorang creator seringkali mendapatkan cibiran dari karya ciptanya. Seringkali dianggap gila dan ditertawakan. Jika anda tidak berhenti berkreasi karena caci, tidak peduli karena dibully, berarti anda seorang kreatif dan percaya diri. Karena memang sesungguhnya orang kreatif itu adalah mereka yang berani mengambil resiko apapun demi mewujudkan karya nyata. Tidak akan pujian ataupun cacian.

Meningkatkan keterampilan

Menjadi kreatif sama dengan menantang diri sendiri untuk berkembang. Bertumbuh dan berkembang dengan menambah dan mengasah keterampilan. Keterampilan yang sama sekali baru atau mempertajam keterampilan yang sudah dimiliki. Setiap hasil karya cipta baru akan menuntut keterampilan baru. Semakin anda terampil menjadikan anda semakin kreatif. Begitu sebaliknya.

Membuat anda lebih produktif dan sukses

Orang kreatif diibaratkan seperti Raja Midas dalam mitologi Yunani. Bahwa apa yang disentuh akan menjadi emas. Kemampuannya disebut sentuhan emas atau sentuhan Midas. Ya, bagi orang yang kreatif peluang untuk menciptakan sesuatu yang berguna lebih banyak. Produktif dalam menghasilkan karya. Sehingga peluang untuk sukses semakin terbuka lebar.

Demikian lima alasan mengapa anda harus mengasah kreatifitas. Jika kita mengasah kreatifitas atau menjadi orang yang kreatif, secara tidak langsung kita sedang mendayagunakan pemberian Allah SWT berupa akal (afala ta’qiluun, afala tatafakkaruun…). Memaksimalkan dan memanfaatkan pemberian Allah SWT untuk berfikir dan merenung. Wallahu a’lam. *Kepala SMAIT Al Uswah Tuban

Sahabat juga bisa mengakses goresan tinta beliau di https://www.jejakruang.com/

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format