1
1 point

Home visit adalah salah satu dari sekian program unggulan penunjang pembelajaran yang ada di TKIT Al Uswah. Biasanya home visit dilakukan ketika pembelajaran telah berlangsung dua atau tiga bulan. Home visit merupakan kunjungan guru ke rumah siswa secara bergantian. Bersilaturrahmi mengontrol pembelajaran, perkembangan karakter siswa hingga pengawalan aktivitas rutinan.

Akan tetapi home visit kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Pada awal pembelajaran tahun ini guru sudah mulai melaksanakan home visit. Pada masa pandemi seperti ini, tentunya home visit dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Guru menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk rumah, tidak bersalaman, duduk berjauhan  dan tidak berlama-lama ketika berkunjung.

Selain itu sebelum melakukan home visit,  guru dan orangtua sudah membuat kesepakatan bahwa wali murid berkenan untuk dikunjungi. Dan, pada saat kunjungan, surat pernyataan bermaterai disiapkan untuk ditanda tangani orangtua.

Home visit ke kediaman wali murid (Foto: Anik/2020)
Home visit ke kediaman wali murid (Foto: Anik/2020)

Home visit merupakan bagian upaya sekolah untuk membangun kedekatan emosional serta komunikasi yang lebih intensif dengan siswa dan orangtua.  Melalui kegiatan ini guru akan mengenal orangtua dan siswa, kebiasaan anak-anak di rumah. Di masa pandemi beberapa orangtua mengalami kesulitan ketika harus mendampingi putra-putrinya dalam belajar.

Melalui kegiatan home visit ini orangtua akan memiliki cara pandang yang sama dengan sekolah terhadap proses pembelajaran dimasa pandemi ini serta memiliki  visi, misi yang sama  terhadap pendidikan  di TKIT Al Uswah Tuban.

Kegiatan home visit ini tidak  hanya sekali ini saja di masa pandemi, insyaallah akan ada kunjungan berikutnya. Hal ini perlu dilaksanakan guna mengetahui sejauh mana pembelajaran dapat diterima siswa. Jika mungkin ada “masalah” terkait perkembangan anak, maka akan segera diketahui dan dicarikan solusinya.

Tentunya orangtua, anak-anak  dan guru tidak hentinya memohon kepada Allah supaya pandemi segera berakhir, sehingga siswa bisa bermain dan belajar di TKIT Al Uswah  seperti tahun-tahun sebelumnya. (An/ed)


Like it? Share with your friends!

1
1 point

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp