0

Ada yang berbeda pada tampilan anak-anak kali ini, mereka yang biasanya memakai seragam sekolah, kali ini mereka ke sekolah dengan mamakai pakaian berwarna-warni yang indah. Ya, satu pekan seluruh keluarga besar TKIT Al Uswah mengenakan batik. Bertepatan dengan Hari Batik Nasional (HBN) 2 Oktober 2021. TKIT Al Uswah mengajak seluruh ustazah, karyawan dan anak-anak untuk memakai pakaian batik selama satu pekan.

TKIT Al uswah Tuban terus mendukung upaya pelestarian dan pengenalan budaya dan seni asli Nusantara. Batik maha karya Indonesia dengan pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan lilin/malam pada kain. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Siswa TKIT Al Uswah saat mengenakan batik (Foto: Anik/2021)
Siswa TKIT Al Uswah saat mengenakan batik (Foto: Anik/2021)

Di Tuban sendiri mempunyai batik khas yakni Gedog. Batik Gedong bisa dijumpai di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban, wilayah Kecamatan Rengel Tuban, wilayah Kecamatan Kerek Tuban, dan desa lainnya.

Dalam momen ini, TKIT Al Uswah Tuban terus memberikan edukasi kepada siswa akan pentingnya melestarikan budaya dan seni. Agar terus lestari sepanjang zaman. Sebagai keseluruhan dari hal teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Kemanusian untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Siswa TKIT Al Uswah saat mengenakan batik bersama ustazah (Foto: Anik/2021)
Siswa TKIT Al Uswah saat mengenakan batik bersama ustazah (Foto: Anik/2021)

Keragaman corak batik membuat anak-anak tampil begitu menawan.  Anak-anak muslimah begitu cantik dan anggun dengan baju batik yang menutup aurat. Demikian pula yang muslim, tampak gagah dengan kemeja batik dan celana panjangnya. Dengan berbusana batik tidak menghalangi anak-anak untuk tetap bergerak lincah dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Siswa TKIT Al Uswah saat mengenakan batik saat main (Foto: Anik/2021)
Siswa TKIT Al Uswah saat mengenakan batik saat main (Foto: Anik/2021)

Dengan memakai pakaian batik, mengenalkan kepada anak-anak tentang keragaman karya anak Indonesia. Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa. Dengan memakai batik ini. Anak-anak akan mengenal dan mencintai produk Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp