0

Sentra life skill adalah sentra yang mengajarkan anak tentang kecapakan hidup.  Kegiatan ini nantinya akan menjadi bekal anak untuk memiliki keterampilan dalam arti yang sederhana sesuai dengan kemampuannya. Kecakapan hidup perlu dibentuk sejak dini agar nantinya anak mampu bertahan dalam menjaga keberlangsungan hidupnya kelak.

Untuk sentra life skill yang diajarkan di sekolah tentunya yang sederhana dan mudah dilakukan oleh anak-anak, seperti membersihkan ruangan, mencuci piring, mangkok dan sendok, mencuci dan melipat baju, membuat masakan ringan yang dibantu ustazah untuk proses memasaknya, dan kegiatan yang lainnya.

Pada saat melakukan kegiatan, dalam pikiran kita tentunya akan terkesan “ribet”, tetapi alhamdulillah dengan aturan-aturan yang disepakati bersama semuanya berjalan lancar, meski tentunya ada hal-hal yang kadang membuat anak menjadi basah saat mencuci, kotor saat menyiapkan masakan, itulah anak-anak. Dari kegiatan tersebut anak dapat belajar tentang kerapihan, kehati-hatian, ketelatenan, dan kesabaran. Yang mana semua itu akan menjadi bekal hidupnya kelak.

Setelah melaksanakan sentra life skill di sekolah, anak-anak biasanya akan mempraktikkan di rumah, seperti mencuci atau memasak. Banyak cerita-cerita seru dari orang tua yang menceritakan bahwa ananda meminta untuk memasak seperti yang diajarkan ustazah di sekolah dalam sentra life skill. Semoga dengan bermain sambil belajar disentra life skill dapat menjadi bekal ananda kelak. (An/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp