0

Rekaman surat-surat pendek, doa harian dan hadits merupakan kegiatan rutin di penghujung semester. Anak-anak satu persatu direkam oleh ustazah, menunjukkan kemampuannya menghafal Al-Qur’an, doa serta hadits. Keterbatasan bertemu langsung tak menjadi halangan untuk terus belajar kalamullah bagi siswa TKIT Al Uswah Tuban.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun anak-anak  baru pertama kali berjumpa dengan segenap ustazah. Dan, selama pembelajaran dari rumah, anak-anak tetap harus menghafal dengan orangtuanya. Sebagian lancar mengucapkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, sebagian masih menirukan ustazah.

Beberapa orangtua memang kesulitan, karena jika menghafal sendiri di rumah anak-anak kurang semangat. Tentu berbeda jika menghafal di sekolah, muroja’ah bersama akan membuat anak-anak cepat hafal  karena mereka sangat bersemangat. Selama pembelajaran di rumah ustazah memberikan contoh melalui video yang dibagikan melalui whatsApp group (WAG). Untuk selanjutnya pertemuan via zoom meeting untuk memantapkannya.

Setoran hafalan siswa TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2020)
Setoran hafalan siswa TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2020)

TKIT Al Uswah Tuban selama pandemi tetap memberikan pelayanan pendidikan terbaik buat siswa-siswinya. Komitmen ini terus dilakukan untuk menjaga kualitas pendidikan berbasis Islam di Kabupaten Tuban. Pengawalan proses pendidikan untuk anak usia dini sangat penting untuk tumbuh kembang anak sebagai bekal dirinya dewasa.

Setoran hafalan siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2020)
Setoran hafalan siswi TKIT Al Uswah Tuban (1) (Foto: Anik/2020)

Pembimbingan melalui teknologi informasi diterapkan menyikapi pembelajaran era pandemi. Beberapa anak ada yang muroja’ah bersama ustazah melalui video call. Ada juga yang rekamannya dikirim ke ustazah karena melihat kakaknya yang duduk dibangku SD setiap hari setor hafalan ke ustazahnya.

Setoran hafalan siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2020)
Setoran hafalan siswi TKIT Al Uswah Tuban (2) (Foto: Anik/2020)

Mengajarkan Al-Qur’an, hadits dan doa semestinya dimulai sejak dini. Ini sangat penting sebagai pondasi agama yang kokoh. Di saat pikiran mereka masih bersih, di masa golden age dimana semua hal-hal baru akan diserap dengan cepat. Dengan mendengarkan murrotal dan memberikan reward jika mereka sudah hafal adalah salah satu cara  membuat anak-anak bersemangat untuk menghafal Al-Qur’an. (An/ed)

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp