0

Kegiatan sentra di TKIT Al Uswah beraneka macam, mulai dari sentra persiapan, sentra kreativitas, sentra life skill, sentra rancang bangun dan sentra peran. Di setiap sentra mempunyai keunikan yang pastinya disukai anak-anak. Kali ini bertepatan dengan tema bulan Agustus, sentra peran mengajak anak-anak untuk bermain peran pada masa kemerdekaan.

Proses belajar dengan menggunakan daya imajinasi dan bermain peran sudah sejak lama dipandang sebagai salah satu cara belajar yang paling efektif. Apalagi anak-anak mempunyai daya asah motorik yang berfungsi maksimal setiap peran yang dilakukan. TKIT Al Uswah Tuban menyiapkan anak untuk bisa tumbuh dan berkembang. Anak yang sejak balita sering diajak bermain peran, biasanya tumbuh dengan mental yang lebih kuat, dan proses belajarnya pun akan lebih cepat dibandingkan anak lainnya.

Sentra Peran Siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2021)
Sentra Peran Siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2021)

Anak-anak melakukan di bulan November 2021. Tentunya kegiatan ini identik dengan “perang”, dengan membawa  mainan bambu runcing, senjata ataupun perlengkapan medis.

Ada beberapa manfaat dari sentra peran ini. Pertama, membantu mengembangkan kemampuan kognitif. Kedua, mengasah kemampuan sosial. Ketiga, membantu melancarkan & mempercepat proses bicara. Keempat, membantu melatih emosi dan aktualisasi diri anak.

Gaya ala Pahlawan di Sentra Peran Siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2021)
Gaya ala Pahlawan di Sentra Peran Siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2021)

Untuk kegiatan yang dilakukan di sekolah atau luring tentunya orangtua tidak akan menemui kesulitan, baik kesulitan ide ataupun perlengkapannya. Akan tetapi bagaimana dengan anak-anak yang mengikuti daring? Bagi yang mengikuti pembelajaran daring, anak-anak tetap bermain peran bersama saudara atau orangtuanya.

Gaya Pejuang Kemerdekaan RI di Sentra Peran Siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2021)
Gaya Pejuang Kemerdekaan RI di Sentra Peran Siswi TKIT Al Uswah Tuban (Foto: Anik/2021)

Alhamdulillah  dari foto-foto yang dikirimkan orangtua, ternyata para orangtua begitu luar biasa menyiapkan kegiatan ini, dengan ide-ide ataupun pelengkapan yang dikenakan ananda. Hingga ada orangtua yang mengirimkan video ananda dan ayah yang sedang berperang. Totalitas yang luar biasa, sampai-sampai ada yang melibatkan satu keluarga.

Alhamdulillah meskipun sebagian anak harus belajar secara daring, namun antusias para orangtua  sangat luar biasa, yang ingin putra-putrinya tetap semangat untuk belajar. Belajar mengaji, muroja’ah surat-surat pendek, doa dan hadits. (Nik/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp