0

Siswa TKIT Al Uswah Tuban melakukan pembelajaran di alam terbuka atau disebut puncak tema. Puncak tema di Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 ini mengusung tema “Tanaman”. Tempat dari pembelajaran ini di Wisata Agropolitan Kebun Belimbing, Tasikmadu, Palang. Gaya pembelajaran seperti ini senantiasa dikomitmenkan diterapkan setiap tahunnya yang disinkronkan dengan bahan ajar.

Foto bersama siswa dan guru saat kegiatan puncak tema (Foto: Humas/2020)

TKIT Al Uswah Tuban tetap menjaga proses pembelajaran luar sekolah sebagai pengembangan pembelajaran di kelas. Pembelajaran ini sesuai dengan visi sekolah. Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan bekal utama bagi seluruh umat manusia.

Di sana mereka belajar berkebun langsung dengan praktisinya. Kegiatanya meliputi cara menanam dengan benar, merawat tumbuhan dan memetik buah. Sejumlah 210 siswa dan 22 guru pendamping ikut ke kebun belimbing ini.

Penjelasan tentang buah belimbing oleh praktisinya (Foto: Humas/2020)

Kebun belimbing di kawasan Agrowisata di Desa Tasikmadu, Palang. Luasan kebun belimbing dengan rasa khas manisnya menjadi daya tarik tersendiri bagi anak. Sebab, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata agro di Tuban. Dibuat tempat pembelajaran sangat cocok bagi siswa. Anak-anak belajar sambil berwisata di destinasi aktual masyarakat lokal.

Salah satu siswa saat memetik buah belimbing langsung dari pohonnya (Foto: Humas/2020)

Menurut Kepala TKIT Al Uswah Peni Agustini kegiatan siswa, yang pertama memetik buah belimbing dan mengedukasi menanam buah belimbing. Inklude kegiatannya adalah anak-anak merasakan senang dapat bersama-sama teman yang lain naik angkot. Ketika di kebun mereka memetik buah sendiri dan hasil petikannya dibawa pulang.

“Tujuan kegiatan ini ya agar anak-anak dapat melihat dan praktek secara langsung proses pemetikan (panen)”. Kata Ustazah Peni.

Ia menambahkan, kegiatan puncak tema selalu beragam, mengikuti atau disesuaikan dengan tema dan kondisi yang ada, kadang dilakukan di sekolah, atau bisa di luar area sekolah.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp