0

Dalam era yang serba cepat digitalisasi modern, diperlukan langkah cepat dan konkret dalam menyambut perubahan zaman. Perubahan yang jauh berbeda dari satu tahun ke belakang. Cepat menyesuaikan diri untuk kemajuan lembaga dari segi kualitas sumber daya manusia (SDM) dan layanan pendidikan Islamic Boarding School.

Menyambut tantangan semakin besar ke depan, lembaga harus meningkatkan mutu dan pelayanan kepada masyarakat agar sekolah ini tetap di hati masyarakat. Kompetisi kuantitas dan kualitas sekolah saat ini sekolah amat penting memunculkan keunikan program dan brandingnya. Bagi kami berkompetisi itu suatu peluang agar sekolah selalu berbenah dan meningkatkan kualitas SDM. Untuk pelaksanaan program semester I kemarin kami evaluasi untuk kebaikan di semester II nanti.

Kegiatan tahunan ini sebagai bentuk persiapan jenjang dalam menyambut ajaran baru dan mengidentifikasi masalah untuk dilakukan perbaikan ke berikutnya. Rapat kerja dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan berlaku. Dilaksanakan di SMPIT Al Uswah Tuban, 29-30 Desember 2021. Di Kamis, 30 Desember 2021 bertempat di Mangrove Center Tuban sekalian outbond guru dan karyawan SMPIT Al Uswah Tuban.

Pengarahan dari Kepala Bidang Pendidikan Al Uswah Centre Tuban Ustaz Mohamad Sahlan ada tiga hal penting dalam sambutannya. Pertama, jadikanlah suasana kerja menjadi suasan yang nyaman dan bahagia. Kedua, antara lembaga dan SDM harus seimbang (balance), SDM harus bertumbuh dan berkembang serta produktif. Ketiga, dalam mendidik peserta didik dibutuhkan ikhtiyar ruhiyah (Spiritual) dan ikthiyar insaniyah dengan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

SDM adalah bagian terpenting di dalam yayasan ini sehingga perlu adanya kesadaran di dalam diri. Yang utama agar menumbuhkan SDM yang berkualitas. Mengerahkan kemampuan secara maksimal tidak malas-malasan, fasilitas yang diberikan diharapkan mampu menjadi motivasi diri untuk selalu maksimal dalam melaksanakan tanggung jawab yang diberikan.

Jika lembaga bergerak terlalu cepat sedangkan SDM-nya bergerak sangat lambat maka tentu saja sebuah lembaga tidak bisa berjalan beriringan dan akan tertinggal. Begitupun sebaliknya jika SDM-nya yang bergerak cepet selalu memberikan ide dan inovasi namun dari lembaga tidak mampu menyeimbangkan maka sebuah lembaga juga tidak dapat maju.

Sebagai guru waktu lebih banyak dihabiskan di sekolah, maka ketika kita memiliki masalah di rumah kita tidak boleh membawa masalah yang ada di rumah ke sekolah dan membuat suasana hati kita buruk sehingga berpengaruh ke proses pembelajaran, begitupun ketika kita di rumah juga jangan membawa masalah dari sekolah ke rumah karena akan merusak kebahagiaan di rumah juga.

Sedangkan pengarahan dari Kepala SMPIT Al Uswah Tuban Ustazah Iin Suryani mengatakan ingin terus menyamakan paradigma dalam mendidik peserta didik sesuai dengan buku panduan SMPIT Al Uswah Tuban. Untuk SDM yang di SMPIT Al Uswah Tuban secara kuantitas sudah lengkap maka diperlukan pertumbuhan dalam kualitas dalam kinerja. Sedangkan untuk raport kinerja SDM menjadi data untuk evaluasi kinerja setiap SDM di SMPIT Al Uswah Tuban.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp