0
Menjadi tradisi baru tiap tahun masuk ajaran baru. SMPIT Al Uswah Tuban, para santri kelas 7 sebanyak 92 antusias mengenal lingkungan tempat selama tiga tahun ke depan ini. MPLS dulu yang namanya MOS ini resmi harus diterapkan tiap sekolah di awal tahun ajaran baru. Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (Permendikbud No. 18/2016), istilah MOS diubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

MPLS merupakan bentuk kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Tujuan MPLS Tujuan MPLS sesuai Permendikbud No. 18/2016 adalah: mengenali potensi diri siswa baru. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
Selain itu, untuk mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
๐Œ๐๐‹๐’ (๐Œ๐š๐ฌ๐š ๐๐ž๐ง๐ ๐ž๐ง๐š๐ฅ๐š๐ง ๐‹๐ข๐ง๐ ๐ค๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง ๐’๐ž๐ค๐จ๐ฅ๐š๐ก) ๐“๐š๐ก๐ฎ๐ง ๐€๐ฃ๐š๐ซ๐š๐ง ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ/๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ‘
Hari pertama, alhamdulillah MPLS siswa siswi kelas 7 hari pertama berjalan dengan lancar. Mereka sangat antusias sekali dalam menerima materi demi materi, saling mengenal satu dengan yang lainya, mulai beradaptasi dengan banyak orang yang mereka belum begitu kenal. Pembukaan oleh Kepala SMPIT Al Uswah Tuban Ustazah Iin Suryani, penyematan simbolik MPLS, dinamika kelompok, penyampaian materi (cara belajar efektif, self management, dauroh wudhu, sosialisasi tata tertib asrama). Ustazah Yani memberikan motivasi akan pentingnya menuntut ilmu, menjadi hafiz Qur’an, dan meraih rida Allah Swt.
Semangat untuk siswa siswi kelas 7, ini adalah langkah awal kalian belajar menagement diri. Selamat berproses menggapai mimpi dan cita – cita kalian.
Bersambung di hari kedua dengan serangkaian kegiatan: wawasan wiyata mandala dan kesiswaan, pengenalan ekstra, ustaz-ustazah dan organisasi sekolah, damai bersama Al-Qur’an, nonton bareng, dan ekspo ekstrakulikuler.
Untuk hari ketiga, MPLS hari ini diisi dengan agenda outbound yang seru, dimulai dari lapangan sekolah mereka berjalan melewati persawahan dan harus melewati halang rintang yang sudah disiapkan oleh panitia. Senyuman indah merekah diwajah mereka, tidak terasa hari Senin mereka sudah mulai aktif melakukan pembelajaran di kelas.
Berlanjut di hari keempat, performa santri dan pesantren surgaku. Di hari kelima tentang upacara penutupan MPLS dan pembagian hadiah.

Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp