0

SMPIT Al Uswah Tuban sebagai lembaga pendidikan Islam yang memiliki visi dan misi untuk peserta didik tidak hanya mengembangkan keterampilan akademik saja. Namun juga mengembangkan life skill dari peserta didik, salah satu program tersebut adalah kegiatan Business Day yang mana kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa entrepeneurship yang jujur, sukses dan tetap memegang nilai-nilai Islam.

Menjadi pebisnis itu bisa dipelajari dengan terus berlatih. Dilatih sejak usia sekolah untuk lebih mengenalkan dunia wirausaha. Sebab, tidak semua santri akan menjadi pendidik dan perkantoran. Jiwa wirausaha dimunculkan oleh lembaga pendidikan sebagai inisiatornya.

Nilai-nilai yang diajarkan seperti pandai menangkap peluang, visi besar ke depan, unik, creative lover, tidak puas diri, tahan banting, dan menjadi penggerak bagi tim.

Santri saat BD SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Naim/2021)
Santri saat BD SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Naim/2021)

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Open House, namun mempertimbangkan kondisi saat ini masih pandemi Covid-19. Maka kegiatan tersebut dilaksanakan hanya oleh peserta didik bersama ustaz dan ustazah di lingkungan SMPIT Al Uswah Tuban tanpa mendatangkan wali murid dan semua kegiatan jual beli, promosi, perhitungan laba rugi semuanya dilakukan oleh peserta didik.

Kegiatan Business Day ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Tarhib Ramadan SMPIT Al Uswah Tuban. Kegiatan ini bertujuan melatih peserta didik untuk bisa berwirausaha dengan jujur dan sukses sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan wirausaha.

Santri saat BD SMPIT Al Uswah Tuban menjelang puasa (Foto: Naim/2021)
Santri saat BD SMPIT Al Uswah Tuban menjelang puasa (Foto: Naim/2021)

Banyak ditemukan ayat atau hadits yang mendorong umat Islam untuk berwirausaha, misalnya keutamaan berdagang seperti disebutkan dalam hadits yang artinya: “Perhatikan olehmu sekalian perdagangan, sesungguhnya di dunia perdagangan itu ada 9 dari 10 pintu rizki (HR. Ahmad).

Kemudian pernah Nabi ditanya oleh para sahabat ”pekerjaan apa yang paling baik ya Rasulullah ? ”beliau menjawab “Seorang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih.”(HR. Al Bazzar dishahihkan oleh Al Hakim).

Kegiatan Business Day merupakan kegiatan tahunan di SMPIT Al Uswah Tuban yang menjadi sebuah wadah bagi peserta didi untuk berlatih dalam berwirausaha yang sukses, selain itu panitia juga menjadikan Business Day ini sebagai ajang kompetisi, setiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok dengan menyajikan menu makanan yang berbeda, dan setiap peserta yang kreatif, kompak dan laporan keuangan jelas dan bagus maka akan mendapat penghargaan dari panitia.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi peserta didik untuk mengembangkan ilmu dalam berwirausaha di masa depan secara jujur dan sesuai dengan syariat Islam. (Na/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp