0

Kondisi pandemi masih belum berakhir, seluruh dunia merasakan dampak dari pandemi Covid-19 ini, mulai dampak sosial hingga dampak ekonomi global. Berbagai kebijakan telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk menghadapi dampak yang terjadi selama kondisi pandemi seperti saat ini, salah satunya adalah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku mulai awal bulan Juli 2021 hingga akhir bulan Agustus 2021.

Kebijakan ini tentunya sangat berdampak pada sektor wirausaha. Maka dari itu dibutuhkan sebuah kreatifitas dan usaha yang keras agar bisa tetap produktif pada masa pandemi. Peserta menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan bisnisnya.

Dalam agama Islam juga mengajarkan kepada umatnya agar bekerja dan berbisnis dengan jalan yang benar dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh Allah dan rasul-Nya. Banyak bisnis yang dapat dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup di dunia dan dalam rangka beribadah kepada Allah Swt. Salah satu bisnis yang dianjurkan dalam Islam adalah perniagaan atau berdagang.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al-Qashash ayat 77 “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”.

Suasana BD di SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Humas/2021)
Suasana BD di SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Humas/2021)

SMPIT Al Uswah Tuban sebagai lembaga Pendidikan Islam, telah menyusun program untuk menyiapkan peserta didik agar bisa mengembangkan jiwa entrepreneurship yang kreatif, sukses pada masa pandemi seperti saat ini. Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut SMPIT Al Uswah Tuban mengadakan kegiatan Business Day.

Meskipun singkat, diharapkan mampu mencetak pengusaha muda yang siap bersaing di dunia perniagaan modern. Berbekal kemampuan pengembangan dasar bisnis dan manajemen layaknya profesional. Santri jaman now bisa berkreatif di dunia digital dalam pengembangan bisnis dari sekolah atau rumahnya.

Kegiatan Business Day ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 pada hari Selasa, 17 agustus 2021, dimulai pukul 09.00-11.00 WIB. Teknis kegiatan Business Day ini setiap kelas mendapatkan modal dari panitia pelaksana dan modal tersebut digunakan untuk modal awal dalam menjalankan usaha.

SMPIT Al Uswah Tuban selain mencetak generasi Qur’ani dan pemimpin, menyiapkan generasi muda untuk tangguh dan tumbuh di dunia usaha. Kami latih untuk terus berinovasi mengembangkan potensinya.

Santri saat BD di SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Humas/2021)
Santri saat BD di SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Humas/2021)

Di akhir kegiatan hasil usaha akan dijumlah dan dikurangi dengan modal awal. Dibutuhkan kreatifitas serta strategi yang tepat dari peserta Business Day ini agar bisa mendapatkan keuntungan dan penghargaan dari panitia. Karena kelompok yang mendapatkan keuntungan paling besar dan stand bazar-nya kreatif dan terbersih akan mendapatkan penghargaan dari panitia.

Salah satu peserta dari kelas 7B sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena baru pertama kali ia mengikuti kegiatan ini. “Business Day ini mengajarkan kepada saya bagaimana cara menjual menu makanan dan minuman kepada pembeli serta bagaimana menghitung keuntungan dari hasil penjualan kelompok kita”. Kata salah satu siswa kelas 7B.

Kreatifitas dan sebuah lembaga pendidikan selain memberikan materi dalam aspek akademik namun lembaga pendidikan juga memberikan sebuah wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan yang mereka miliki di bidang non akademik.

Kegiatan Business Day ini merupakan salah satu dari upaya dari SMPIT Al Uswah Tuban untuk mengembangkan aspek ketrampilan dari peserta didik. Semoga melalui kegiatan Business Day ini siswa SMPIT Al Uswah mampu menciptakan lapangan kerja serta menjadi pengusaha sukses pada masa pandemi ini. Aamiin. (Naim/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp