0

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT Al Uswah) Tuban, Jawa Timur sukses menghantarkan santrinya untuk berprestasi akademik dan hafiz Qur’an. SMPIT Al Uswah Tuban Islamic Boarding School ini tak henti menelurkan generasi hafiz Qur’an yang handal.

Sekolah menengah pertama yang berada di Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban ini tak hentinya berprestasi. Rekapan nama santri-santrinya selalu menghiasi media dan media sosial.

Geliat kualitas pendidikan di Tuban terus tumbuh dewasa ini. Banyak siswa yang berprestasi tingkat nasional bermunculan. Terbaru, dua santri SMPIT Al Uswah Tuban sukses meraih enam medali tingkat provinsi dan nasional. Islamic Boarding School ini tak surut dalam mengembangkan potensi anak didiknya untuk berkiprah di ranah nasional.

Dua santri atas nama Elvana Vania meraih lima medali dan Ancova Wilcah Diawara Amar meraih satu medali. Elvana meraih medali perunggu mata pelajaran IPA dan IPS, medali perak mata pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat Provinsi Jawa Timur. Dua medali lainnya di tingkat nasional meraih medali emas mata pelajaran Bahasa Inggris dan medali perak untuk mata pelajaran Matematika.

Sedangkan Ancova Wilcah Diawara Amar meraih medali perunggu mata pelajaran IPA untuk tingkat Provinsi Jawa Timur. Kedua santri tersebut mengikuti lomba yang digelar oleh Osains Indonesia.

Elvana Vania mengatakan dalam lomba ini didampingi oleh Ustaz Ahmad Ramadan guru IPA di sekolah. Saya dilatih dan dampingi selama pendaftaran dan hingga menjelang lomba. Saya persiapan lomba satu malam. Satu malam untuk penyisihan. Satu malam untuk final. Semua online, katanya.

Santri kelas VIII SMPIT Al Uswah ini tiap harinya sering belajar mandiri seusai pendampingan oleh guru. Banyak melakukan latihan soal-soal yang sesuai materi lomba. Saya mengambil beberapa mata pelajaran, dan alhamdulillah dapat lima medali.

Vania mendapat medali dan sertifikat resmi dari penyelenggara dan bisa dibuat daftar sekolah di SMA ke depan. Selanjutnya, ia akan ikut lomba di KSN yang digelar oleh dinas pendidikan. Selain berprestasi nasional, Vania ini juga hafiz Qur’an 4 juz.

Saya termotivasi untuk terus berprestasi untuk bisa meraih beasiswa kuliah di luar negeri. Di Turki dan Jepang. Jadi sekarang saya terus mengasah pengalaman dan mengembangkan potensi akademik, jelasnya.

Sementara pembina lomba, Ustaz Ahmad Ramadan menjelaskan bahwa pembinaan di sekolah, ada pelatihan khusus dan intensif bagi santri yang berpotensi. Untuk mengikuti pembinaan lebih lanjut sebagai persiapan mengikuti sebuah kompetisi secara berkala. Kami fasilitasi setiap bakat dan minat santri, bebernya.

Guru alumni Al Hikmah Surabaya ini mengatakan akan fokus dalam pembinaan berkelanjutan. Rencana sekolah ke depan setiap perlombaan yang diikuti sekolah selalu dibuatkan sebuah program kerja. Sehingga santri-santri yang berprestasi akan terfasilitasi. Untuk santri yang mendapat prestasi akan terus di beri ruang untuk berkembang dan berprestasi di bidangnya melalui program yang telah disediakan.

Ustazah Iin Suryani Kepala SMPT Al Uswah Tuban mengucapkan selamat kepada para santri yang sudah berprestasi dalam beberapa event lomba. Baik itu dari tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Kami semua bangga dengan kalian semua. Tentunya ini adalah bagian dari visi sekolah kami, salah satunya adalah cerdas.


Like it? Share with your friends!

0

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp