0

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau lebih disingkat dengan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan salah satu kegiatan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban guna untuk menilai kinerja dari kepala sekolah. Karena Kepala sekolah yang professional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya telah dilaksanakan kegiatan PKKS.

PKKS merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya. Kegiatan PKKS ini sebenarnya dilaksanakan setahun yang lalu, namun kondisi pandemi yang masih melanda, maka kegiatan ini akhirnya bisa dilaksanakan pada tahun ini di SMPIT Al Uswah Tuban.

Mengutip dari pengarahan dari perwakilan pengawas SMP Dinas Kabupaten Tuban, bahwa kegiatan PKKS ini sebelumnya dilaksanakan untuk penilai kinerja kepala sekolah negeri, namun pada tahun ini PKKS juga dilakukan pada kinerja kepala sekolah swasta juga, tujuannya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin serta mengukur kualitas sekolah swasta di Kabupaten Tuban.

Sebagaimana penjelasan dari Assesor PPKM di SMPIT Al Uswah Tuban menjelaskan bahwa kepala sekolah sebagai pimpinan tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Adapun standar minimal prosedur tugas kepala sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut: Kepala sekolah sebagai Pendidik (Edukator), Manajer, Administrator, Supervisor (Penyelia), Leader (Pemimpin), Inovator serta Motivator.

Aspek PKKS di antaranya komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Adapun kompetensi yang dinilai hanya terfokus pada bidang manajerial, bidang kewirausahaan dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan. Kegiatan PKKS tahun ini dilakukan  oleh pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Bapak Tri Haryanto, S.Pd, M.Pd dan Dr. H. Suntari, M.Pd

Kegiatan PKKS dimulai dari pukul 08.00 – 11.00 WIB. Kegiatan ini diawali oleh penyambutan kepala sekolah dilanjutkan oleh pengawas. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti, tim pengawas menilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian.

Kegiatan ini berjalan cukup lancar, Alhamdulillah setelah melakukan verifikasi data dan pengawas memberikan predikat “BAIK” serta memberikan apresiasi atas kelengkapan data, namun masih ada sedikit evaluasi dari pengawas untuk perbaikan lembaga ke depannya. Hasil dari PKKS ini tentunya menjadi sebuah motivasi bagi Kepala SMPIT Al Uswah Tuban dan seluruh tim dari SMPIT Al Uswah Tuban untuk meningkatkan kinerja untuk menuju sekolah yang berkualitas.  (Na/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp