0

Lembaga Pendidikan sangat berperan dalam pembentukan karakter dan intelektualitas generasi bangsa, program yang dijalankan di Lembaga Pendidikan mempunyai tujuan untuk menyiapkan generasi bangsa yang lebih baik.

Kegiatan inti dalam lembaga pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar. Dalam proses kegiatan belajar mengajar membutuhkan sebuah evaluasi untuk mengukur tingkat ketercapaian materi yang sudah dipelajari oleh peserta didik dalam mengikuti proses belajar. Oleh karena itu salah satu sarana untuk mengukur ketercapaian proses belajar adalah adanya kegiatan ujian atau penilaian.  

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  dan Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional, SMPIT Al Uswah Tuban melaksanakan Penilaian Akhir Semester genap (PAS) bagi siswa kelas 9 dan Penilaian Tengah Semester genap (PTS) bagi kelas 7 dan 8.

Kegiatan ini merupakan sebagai proses evaluasi hasil belajar peserta didik selama semester genap ini. Selain untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan kedisiplinan serta kejujuran peserta didik.

Pelaksanaan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) kelas 9 dan Penilaian Tengah Semester genap (PTS) kelas 7 dan 8 dilaksanakan secara bersamaan namun berbeda dalam ruangan dan durasi waktu megerjakan soal. Penilaian Akhir Semester genap (PAS) dan Penilaian Tengah Semester genap (PTS) dilaksanakan pada hari senin-Ahad tanggal 09-15 maret 2020.

Kegiatan ini diharapkan berjalan dengan baik dan siswa dapat meraih hasil yang maksimal. Selain itu, dalam proses pelaksanaan PAS dan PTS kali ini panitia pelaksana sangat memperhatikan tentang kedisiplinan kepada siswa baik disiplin dalam waktu, atribut sekolah maupun tentang kebersihan ruang, selain nilai tentang kedisiplinan, nilai kejujuran juga sangat menjadi perhatian untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik, karena kedisiplinan dan kejujuran merupakan nilai yang sangat diperlukan dalam kehidupan.

Dengan kejujuran ini hasil dari proses PAS dan PTS bisa menjadi bahan evaluasi sekaligus sebagai tolak ukur ketuntasan siswa dalam belajar.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp