0

Peran Ketahanan Keluarga Dalam Membentuk Remaja Tangguh

Pada hari Ahad 13 Oktober 2019, SMPIT Al Uswah Tuban bersama pengurus POMG SMPIT Al Uswah Tuban mengadakan kegiatan Parenting Skill yang mengundang trainer nasional yaitu Ustadz Muhammad Iqbal, beliau juga merupakan motivator sekaligus owner Rumah Konseling Jakarta. Kegiatan Parenting ini merupakan agenda kegiatan tahunan sekolah bekerja sama dengan pengurus POMG SMPIT Al Uswah Tuban, pelaksanaan parenting skill tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan laporan hasil Penilaian Tengah Semester Ganjil (PTS) yang berlangsung di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Parenting SMPIT Peran Ketahanan Keluarga Dalam Membentuk Remaja Tangguh
Parenting SMPIT Peran Ketahanan Keluarga Dalam Membentuk Remaja Tangguh

Parenting Skill ini, diawali dengan penampilan dari grup Nasyid SMPIT Al Uswah Tuban. Pada pelaksanaan Perenting Skill kali ini mengangkat tema peran ketahanan keluarga dalam memberntuk remaja tangguh. Perkembangan teknologi dan informatika pada era globalisasi seperti saat ini sangat mempengaruhi perkembangan karakter para remaja, dibutuhkan sebuah karakter dan juga pondasi yang kuat untuk membentengi para ramaja agar tidak terbawa arus globalisasi yang mengarah pada hal-hal yang negatif. Masa remaja adalah masa rentan terhadap pengaruh yang baru, karena masa remaja merupakan masa yang rasa keingintahuannya sangat tinggi. Perkembangan masa remaja sangat tergantung dengan ketahanan keluarga yang sudah dibangun. Tema ini sangat penting untuk dibahas terutama bagi para orang tua dalam mendidik putra putrinya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat juga membuat persaingan dalam dunia pendidikan maupun dunia pekerjaan semakin ketat, butuh sebuah karakter yang tangguh untuk bersaing menghadapi arus globalisasi yang semakin maju dan modern seperti saat ini. Keluarga yang harmonis akan mampu menjadi kekuatan bagi para remaja untuk meraih kesuksesan yang menjadi impian mereka. Ustadz Muhammad Iqbal juga menyampaikan mengenai tugas para orang tua, yatu membentuk remaja menjadi remaja yang kuat dan tangguh, karena orang yang paling dekat dan paling berperan dalam perkembangan remaja adalah ayah dan ibu mereka, terutama tentang peran besar seorang Ayah dalam mendidik dan membimbing putra putrinya sehingga menjadi remaja yang tangguh. Orang tua harus bisa menjadi partner, motivator, sekaligus teladan bagi para remaja. Orang tua juga harus mampu memahami karakter dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan putra putrinya, karena kedekatan dan teladan dari orang tua akan dapat membentuk karakter bagi anak-anaknya.

Kegiatan Parenting ini berlangsung dengan lancar, para tamu undangan dan wali murid yang hadir dan mengikuti kegiatan ini begitu semangat dan antusias ini terlihat dari banyaknya peserta yang berdiskusi dengan nara sumber yaitu ustad Muhammad Iqbal dari Jakarta, semoga materi yang disampaikan oleh nara sumber dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi para orang tua dalam mendidik putra-putrinya sehingga menjadi remaja yang tangguh.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp