0

Sesuai UU Pendidikan Nasional No. 20 Pasal 3 Tahun 2003, maka pendidikan nasional harus mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Salah satu ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh siswa SMPIT Al Uswah Tuban adalah kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka menjadi salah satu wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas serta membentuk watak yang sesuia dengan dasa darma pramuka. Pada 22-24 Desember 2019 Pramuka SMPIT Al Uswah Tuban mengikuti kegiatan  Kemah Latihan Gabungan Pramuka Penggalang di Bumi Perkemahan Cuban Rondo Malang.

Foto bersama tim pramuka SMPIT Al Uswah Tuban (Foto: Humas/2019)

Kegiatan Kemah ini adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang yang di dalamnya berupa pelatihan untuk siswa-siswi penggalang. Perkemahan ini merupakan sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Kemah Latihan Gabungan Pramuka Penggalang ini merupakan salah satu program dari Pramuka Sekolah Islam Terpadu, yang bertujuan untuk meningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan dan keterampilan, jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang dalam bingkai nilai-nilai ke Islaman serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

Tim pramuka muslim saat membuat tandu darurat (Foto: Humas/2019)

Pada kegiatan ini SMPIT Al Uswah Tuban mengirim 2 regu yaitu 1 regu Muslim dan 1 regu Muslimah dengan didampingi 2 pembina muslim dan 2 pembina muslimah, Kak Gianto yang menjadi salah satu Pembina regu Muslim mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat karena banyak sekali kegiatan yang dapat diambil manfaatnya seperti menguatkan ukhuwah antar Sekolah Islam Terpadu di wilayah Jawa Timur.

Kak Qomar juga mengakui bahwa kegiatan kemah ini dapat menumbuhkan sikap mandiri siswa karena mereka mampu menyesuaikan diri di alam bebas serta mampu berusaha saling bekerjasama dengan teman-temannya untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mereka hadapi seperti saat terjadi hujan dan kondisi tenda kebanjiran.

Tim pramuka muslimah saat membuat tandu darurat (Foto: Humas/2019)

Kemah Latihan Gabungan Sako Pramuka SIT 2019 diselenggarakan untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang bertaqwa, tangguh, tangkas dan teguh serta untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Semoga dengan kegiatan kemah ini bisa menumbuhkan karakter yang sesuai dengan dasa dharma Pramuka dan juga visi misi dari SMPIT Al Uswah Tuban.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format