0

Oleh: Dea Lonita Sari, S.Pd.*

Mungkin banyak dari kita yang sering menganggap hal berikut merupakan hal-hal yang sepele untuk dilakukan, padahal jika kita terus mengabaikannya maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut hal-hal sepele yang sering diabaikan :

Duduk di antara orang yang sedang merokok
Dalam sebuah penelitian di University of Vienna mengungkap salah satu senyawa racun yang membuat perokok pasif rentan terhadap pertumbuhan tumor. Senyawa tersebut adalah acrolein atau acrylic aldehyde, yang dilepaskan ke udara saat rokok terbakar. Sering menghirup asap rokok, dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru sebanyak 20–30%.

Selain itu, perokok pasif juga lebih berisiko mengalami berbagai penyakit serius lain, seperti aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi

Memendam emosi
Ketika energi psikis lelah dan tak mampu menampung emosi yang terpendam, secara alamiah represi akan berubah menjadi bentuk yang lain, seperti nyeri dada,” tutur dr Azimatul Karimah, SpKJ, psikiater asal Surabaya. Dan bukan cuma nyeri dada saja, penyakit-penyakit lainnya bisa datang karena kebiasaan buruk yang satu ini misalnya maag yang timbul karena takut, cemas, atau perasaan tidak puas pada diri sendiri.

Oleh karena itu jika kita merasa sedang emosi atau ada sesuatu yang dipendam, alangkah lebih baiknya kita menceritakan pada orang lain agar setidaknya kita merasa lega karena emosi tersebut sudah tidak dipendam lagi.

Malas minum air putih
Dampak yang terjadi ketika kita malas untuk minum air putih bukan cuma kulit yang kering saja, tapi bisa mengarah ke dehidrasi. Banyak dari kita mungkin malah tidak menyukai minum air putih dan lebih suka minum-minuman yang memiliki rasa seperti minuman kebasan, minuman boba dan minuman lain yang banyak digemari saat ini.

Jika hal ini terbentuk menjadi kebiasaan, waspada juga adanya gangguan fungsi ginjal atau infeksi saluran kencing (ISK). Biasakanlah untuk selalu minum air putih ketika bangun tidur.

Malas berolahraga
Dampak kesehatan yang timbul ketika seseorang malas berolahraga seperti misalnya hipertensi, obesitas, jantung, kerusakan sendi otot dan osteoartritis.Sementara itu, kurang olahraga bagi wanita juga bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti obesitas, depresi, osteoporosis serta kanker payudara. *Pendidik mata pelajaran BK di SMPIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format