0

Oleh : Dea Lonita Sari, S.Pd.*

Handphone semakin sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak orang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan handphone-nya. Tak sedikit orang yang enggan untuk melepaskan genggaman tangan dari handphone meski sudah memasuki waktu tidur. Apabila kita memiliki kebiasaan main handphone sebelum tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga. Penggunaan handphone terlalu sering apalagi menjelang waktu tidur, dapat mendatangkan segudang dampak buruk bagi kesehatan.

Bahayanya main handphone sebelum tidur diakibatkan cahaya biru yang dipancarkan dari layar. Cahaya ini sebenarnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari, namun tidak baik digunakan diruang gelap. Berikut dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber :

Menurunkan kualitas tidur

Dampak buruk main handphone sebelum tidur dapat menurunkan kulitas tidur. Akan lebih sulit memejamkan mata, bahkan cenderung tidak mendapatkan tidur yang nyenyak saat tidur. Biasnya rasa kantuk sudah dating menghampiri namun kita masih asyik bermain handphone sehingga membuat rasa kantuk hilang dan berlarut-larut bermain handphone.

Kesehatan mata menurun

Main handphone dalam jangka waktu yang lama berpotensi tinggi mengganggu indra penglihatan. Hal ini dikarenakan pancaran sinar biru dari layar handphone yang dapat menyebabkan kerusakan retina. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan.

Otak menjadi Lelah

Dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan selanjutnya juga dapat membuat otak mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

Obesitas

Dampak buruk main handphone sebelum tidur lainnya adalah kekurangan mendapatkan waktu tidur. Kondisi ini secara tidak langsung dapat memicu rasa lapar. Hal ini disebabkan hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam. Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas. *Pendidik mapel BK di SMPIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp