0

Setelah Rapat Kerja LPIT Al Uswah Tuban 31 Mei – 1 Juni 2021 bersama divisi dan kepala sekolah di semua jenjang, tahap berikutnya dilanjut ke masing-masing bagian. Dalam dua hari ini, 16 – 17 Juni 2021 SMAIT Al Uswah menggelar Evaluasi dan Rapat Kerja yang diikuti seluruh jajaran dewan guru dan karyawan. Agenda tahunan ini menjadi ajang penyusunan dan sosialisasi program kerja yang telah dirancang pimpinan di SMAIT Al Uswah Tuban.

Raker tahun ini menjadi kedua di masa pandemi. Namun, esensi, semangat dan makna dari raker tetap tumbuh untuk memberikan yang terbaik buat anak bangsa, santri SMAIT Al Uswah Tuban. Sekolah penghafal Qur’an. Lembaga terus komitmen sebagai bentuk persiapan sekolah dalam menyambut ajaran baru dan mengidentifikasi masalah untuk dilakukan perbaikan ke berikutnya.

Rapat kerja dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan berlaku. Tujuan pelaksanaan raker adalah menyiapkan seluruh komponen sekolah untuk mencapai keberhasilan sekolah dengan merancang program sekolah satu tahun ke depan. Selanjutnya, di tiap semester akan dilakukan evaluasi jika dirasa ada bagian yang belum optimal.

Ustaz Masruhin, M.A. (Foto: Humas/2021)
Ustaz Masruhin, M.A. (Foto: Humas/2021)

Rapat kerja memainkan peranan yang sangat penting pada masa depan lembaga, karena menyangkut pelaksanaan unit dan job disc masing-masing pengemban amanah di jenjang. Program kerja yang sebelumnya telah dilakukan untuk dievaluasi dan menyongsong program kerja yang baru demi peningkatan kualitas.

Kepala SMAIT Al Uswah Tuban Ustaz Masruhin, M.A. mengucapkan terima kasih kepada seluruh wakil kepala sekolah (waka), jajaran pendidik maupun karyawan lainnya atas kerjasamanya selama ini. Dalam satu keluarga di SMAIT Al Uswah Tuban mencapai tujuan bersama.

Kepala SMAIT Al Uswah Tuban (Sumber: Humas/2021)
Kepala SMAIT Al Uswah Tuban (Sumber: Humas/2021)

SMAIT Al Uswah Tuban sejak berdiri Tahun 2016 terus menunjukkan dan membuktikan kontribusinya terhadap perbaikan generasi bangsa. Sekolah yang sudah dua kali meluluskan ini terus berupaya meningkatkan mutu dalam segala hal.

Komponen-komponen pendidikan diupayakan sesuai standar dan optimal. Baik Standar Nasional Pendidikan maupun Standar Mutu SIT, terus diperbaiki dan dibenahi. Karena hal ini sudah menjadi misi sekolah yakni senantiasa melakukan pengembangan mutu dan ekspansi lembaga, serta SDM dengan prinsip learning and growing.

Upaya membangun sekolah bermutu dan berkualitas ini dapat dibuktikan bahwa pada Tahun 2018 sudah terakdreditasi A (unggul). Selain itu, lulusan SMAIT Al Uswah Tuban pada tahun pertama dan kedua nilai rata-rata UNBK termasuk 10 besar. Selain itu, santrinya banyak yang hafal Al-Qur’an 30 juz dalam program STQ-nya.

Yakni peringkat 10 dan 4 tingkat SMA Negeri dan swasta se-Kabupaten Tuban. Lulusannya pun sudah mulai tersebar di beberapa PTN dan PTS unggulan. Seperti di IPB, UNJ, UNEJ, UNS, UM, Universitas Trunojoyo Madura, UMM, UINSA, dan lain-lain.

Adapun susunan acara dalam rapat kerja SMAIT Al Uswah Tuban sebagai berikut:

Jadwal (Sumber: Humas/2021)
Jadwal (Sumber: Humas/2021)

Kepala Bidang Pendidikan Al Uswah Tuban Ustaz Mohamad Sahlan menyampaikan mutu lebih menekankan pada kegembiraan dan kebahagiaan pelanggan dan bukan sekadar kepuasan saja. Institusi memerlukan proses untuk mengembangkan strategi mutu yang mencakup : Visi misi yang jelas, fokus pelanggan yang jelas, strategi untuk mencapai misi, keterlibatan seluruh pelanggan dalam mengembangkan strategi, pemberdayaan staf, penilaian dan evaluasi yang efektif, mutu (standar yang digunakan), investasi sumber daya manusia, dan mengevaluasi proses.

Kabid Pendidikan Al Uswah Tuban saat memberikan sambutan (Foto: Humas/2021)
Kabid Pendidikan Al Uswah Tuban saat memberikan sambutan (Foto: Humas/2021)

Rangkaian capaian yang dapat diadopsi, mencakup visi misi yang konkret, analisis, dan daya nalar. Tantangan pendidikan Islam ke depan mungkin semakin besar. Kita harus bisa memberikan yang terbaik. Seperti: Pertama, tujuan pendidikan dan implementasinya. Kedua, sekolah, rumah dan lingkungan. Ketiga, Islami dan modernisasi.

Peserta rapat kerja (Foto: Humas/2021)
Peserta rapat kerja (Foto: Humas/2021)

Sedangkan di era global perlu disiapkan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, persaingan sumber daya manusia dalam era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), dan bonus demografi.

Sedangkan dalam rangka membangun adab Islami siswa, SMAIT Al Uswah mewajibkan siswa siswi berada di asrama (mahad). Selain untuk membangun karakter siswa, juga untuk menjaga keunggulan siswa dalam menghafal qur’an.

Sehingga kualitas yang diharapkan adalah lahir generasi yang memiliki aqidah dan ibadah yang lurus dan benar, memiliki hafalan qur’an, memiliki adan dan akhlak yang baik, prestasi akademik tidak ketinggalan, dan terampil berbahasa asing, serta mampu dalam leadership dan entrepreneurship. Itulah yag menjadi visi sekolah kami.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp