0

Sesuai kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Kemendikbud RI, tahun ajaran 2022/2023 telah dimulai Senin, 18 Juli 2020. Sejalan dengan itu sekolah memberikan pengenalan lingkungan sekolah kepada santri baru.

SMAIT Al Uswah Tuban membentuk karakter awal santrinya dengan komperhensif dan terukur. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini dilakukan di halaman SMAIT Al Uswah Tuban. Jumlah peserta, yakni 46 peserta. Dihadiri oleh tim guru dan warga sekolah.

Agenda hari pertama, upacara pembukaan MPLS, pre test, profil sekolah dan pengenalan guru, mengenali potensi diri siswa, kurikulum (program kurikulum, kurikulum merdeka, kegiatan pembelajaran, kriteria kenaikan kelas), Al-Qur’an (program Al-Qur’an, kegiatan pembelajaran, ziadah, murojaah), Kesiswaan (tatib sekolah), perkenalan musyrif dan musyrifah, Albama dan DKA, halaqoh bersama wali kamar + semua anggota kamar.

Di hari kedua, bela negara dan wawasan kebangsaan, achievment motivation training, bina pribadi islami, adab berkomunikasi dan berinteraksi antar warga sekolah, eksibhisi ekstrakulikuler (Lensa SMAIT, panahan, seni religi, seni bela diri), tilawah 1 juz, salat Maghrib dan Isya’.

Berlanjut ke hari ketiga, hidup bersih pangkal sehat, sosialisasi tatib pesantren, praktek toharoh, solat, dan kerapian masjid, tata cara menata pakaian, ranjang, dan tatib kebersihan, praktik cara berpakaian dan berjilbab, menata sandal sepatu, tatib laundry, laptop, tatib pendidikan dan bahasa, mengerjakan tugas MPLS dan kumpul kelompok persiapan outbond, tilawah 1 juz, salat Maghrib dan Isya’.

Di hari keempat, out bond, gladi  tampilan 2 dan persiapan pensi, dan pensi dan tampilan santri.

Kepala SMAIT Al Uswah Tuban Ustazah Apni Viyandari memberikan motivasi ke segenap santri mengucapkan selamat datang untuk santri baru kelas X SMAIT Al Uswah Tuban dan selamat bergabung kembali untuk santri kelas XI dan XII.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa setiap proses pasti ada rintangan dan tantangannya. Tinggal bagaimana kita bisa mengatur strategi untuk bisa melewati rintangan tersebut. Fokus pada niat dan tujuan awal kita. Inshaallah semua rintangan akan bisa terlewati.

Dewani Azalia santri baru SMAIT Al Uswah Tuban terkesan selama kegiatan MPLS berlangsung. Ia mengatakan bahwa MPLS ini menyenangkan. Sangat berbeda dari MPLS waktu di SMP.

“Di MPLS ini saya mendapatkan banyak ilmu,” terangnya.

Azalia menegaskan point penting yang saya dapatkan selama MPLS ini adalah, kerja sama, dan komunikasi antar anggota kelompok berjalan baik, Ini menjadi hal penting untuk selanjutnya.

 


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp