0

Karya Tulis Ilmiah (KTI) SMAIT Al Uswah Tuban 2021 sukses digelar. Jadi ini seperti ekstra wajib bagi seluruh santri. Mereka merancang sampai finish mengerjakan KTI dari kelas XI dan diujikan di kelas XII. Harusnya di kelas XI akhir karena sesuatu hal (kebijakan pandemi) akhirnya baru bisa di akhir kelas XII ini.

Teknisnya juara diambil 2 kategori terbaik, kategori konten terbaik diraih ananda Qotrunada Zahira XII IPS dan presentasi terbaik diraih ananda Yasiva Nurul R XII MIPA. Adapun dalam pengerjaannya, setiap santri ada pembina. Jado ada koordinatornya, yakni Ustazah Novita Ardyanti  dan guru pembimbing (16 guru mata pelajaran). Setiap guru ada 2-3 siswa yg dibimbing sesuai rumpun guru tersebut.

SMAIT Al Uswah Tuban memberikan fasilitas kepada satrinya untuk berkembang dari karya tulis ilmiah. KTI mempunyai tujuan penulisan untuk melatih peneliti berpikir kritis, komprehensif, dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan baru. Penulisan karya ilmiah adalah menyertakan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoritis maupun praktis.

Waka Kurikulum memberikan apresiasi ke peraih juara KTI (Foto: Humas/2021)
Waka Kurikulum memberikan apresiasi ke peraih juara KTI (Foto: Humas/2021)

Selai itu juga bertujuan penulisan karya ilmiah adalah untuk dijadikan sebagai sarana atau wahana transformasi pengetahuan antar sekolah dan masyarakat. Ada juga untuk foster etos ilmiah di kalangan siswa sampai mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi seorang konsumen pengetahuan, tetapi mampu menjadi produsen berpikir dan menulis di bidang ilmu pengetahuan.

Penilaian meliputi: format makalah, kreatifitas gagasan, topik yang dikemukakan, data dan sumber informasi, dan analisis, sintesis dan simpulan.

Adapun rubrik penilaian KTI bisa diunduh di sini https://rubrikpenilaianKTI

Hari Senin, 30 Agustus 2021 Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum memberikan penghargaan kepada peserta penulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) terbaik:
1. Yasiva Nurul R. kelas XII MIPA.
2. Qotrunnada Zahira kelas XII IPS.

Apresiasi Waka Kurikulum ke santri peraih juara KTI (Foto: Humas/2021)
Apresiasi Waka Kurikulum ke santri peraih juara KTI (Foto: Humas/2021)

Sebelumny, penulisan KTI terhambat oleh pandemi. Seharusnya KTI bisa diselesaikan lebih awal tapi dua pekan lalu baru selesai sidang. Karena mereka harus mengerjakan secara daring. Beberapa siswa dibagi guru pembinanya. Ujian KTI dilakukan dua hari bergantian. Mereka mempresentasikan di depan dewan penguji.

Adapun peserta KTI bisa diunduh di sini http://Data KTI SMAIT Al Uswah 2021

Ustazah Novita Ardyanti selaku koordinator program KTI SMAIT Al Uswah Tuban berharap dengan mengenal dan bekal ilmu KTI siswa lebih bisa termotivasi untuk mengembangkan kreatifitas berpikir ilmiah mereka. Baik dalam pembelajaran di kelas, atau saat ada event lomba KTI mereka. Selain itu menjadi lebih tertarik dan bersemangat atau bahkan saat mereka duduk di bangku perkuliahan. mereka sudah terbiasa saat membuat skripsi atau karya tulis ilmiah yang lain.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp