0
2 shares

SMAIT Al Uswah berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik buat siswa-siswinya. Tak hanya sekadar pembelajaran mata pelajaran, Al-Qur’an-hadits, mengaji kitab, mata pelajaran, penguatan mental kepemimpinan, dan sosial. Namun, juga penguatan di bidang kewirausahaan-berbisnis. Melalui Entrepreneurship Business School (EBS) yang konsen di kegiatan kewirausahaan-berbisnis siswa.

Salah satu dari kegiatan di EBS, yakni program pemberdayan budidaya ikan lele. Ada 2 unit kolam bundar dengan diameter 3 meter. Masing-masing 1 unit kolam diisi 1500 bibit lele dengan size 6-7 cm. Kegiatan budidaya lele sudah berjalan 1 siklus panen. Dimulai sejak semester I tahun ajaran baru 2019/2020 yang lalu. Dari hasil panen di siklus pertama dilanjutkan untuk membeli bibit baru.

Bibit baru yang diisi sebanyak 7000 ekor dengan size 5-6 cm. Dari bibit tersebut dibagi menjadi 2 unit kolam masing-masing 3500 ekor. Dengan diameter kolam 3 meter. Di tahun ini pihak sekolah telah merencanakan penambahan kapasitas kolam bundar minimal empat unit. Sehingga semakin berdaya siswa. Siklus ini terus dilakukan oleh sekolah dalam rangka komitmen pemberdayaan.

Bibit ikan lele di siklus kedua dengan 3500 bibit per kolamnya (Foto: Admin/2020)

EBS diwajibkan siswa kelas X SMAIT untuk ikut. Ada sepuluh siswa laki-laki dan perempuan yang bertugas dan bertanggungjawab mengelola 2 unit kolam hingga panen. Setiap hari ada penjadwalan siswa untuk pemberian pakan, pengecekan kondisi air, kondisi bibit, dan tingkat kematian. Semua diukur dalam bentuk data yang valid untuk dianalisis bersama pembina dan konsultan.

Dalam setiap fase budidaya lele, pihak sekolah dan siswa telah belajar ke budidaya yang telah berhasil. Sehingga setiap fase yang dilakukan oleh siswa terukur sesuai dengan cara budidaya ikan yang baik. Siswa di kelas diajarkan materi budidaya ikan dan bisa langsung diterapkan praktik langsung di kolam.

2 unit kolam bundar di area SMAIT Al Uswah Tuban (Foto: Admin/2020)

Kewirausahaan dirasa sangat penting untuk tumbuh kembang intelektual siswa di sekolah menengah. Dimana siswa mampu menerapkan dan praktik langsung dengan kondisi asli di lapangan. Harapannya siswa juga mampu berkembang di sisi bisnisnya.

Kewirausahaan yakni suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Entrepreneurship merupakan suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.

Menurut guru pembina di EBS Ahmad Maulan, “Mulai dari tahap persiapan lahan, pemilihan bibit lele, sortir, grading, perawatan, penimbangan jumlah bibit per minggu, hingga panen siswa selalu terlibat. Dalam setiap proses sekolah mengajak siswa. Sehingga siswa paham betul fase-fasenya. Ada penentuan porsi pakan yang disesuaikan dengan usia bibit. Kami menentukan berdasarkan materi dan saran dari konsultan”. Katanya.

Pemilihan budidaya lele dirasa sangat tepat mengingat kebutuhan pasar yang selalu stabil. Jumlah permintaan konsumsi di internal lembaga juga lumayan banyak dan kontinyu. Di Al Uswah sendiri ada menu ikan lele di setiap minggunya. Sehingga bisa sedikit swasembada di internal sekolah. Selain itu, ada guru dan wali murid yang membelinya.

Siswa diajarkan pula pemasarannya ke beberapa sektor. Sehingga pemahaman di tingkat pasar siswa juga memahami beragam caranya.

Fase pascapanen juga kami ajarkan ke siswa. Seperti olahan hasil lele, promosi, dan persiapan pengisian bibit baru serta pengembangan di jenis usaha lain.

“Tahun ini fokus di budidaya ikan lele. Insyaallah tahun depan akan merambah ke handy craft. Menjual kaos dakwah Al Uswah, merchandise seperti gantingan kunci Al Uswah,  stiker,  dan jasa fotografi dan sinematografi”. Terang Waka Kesiswaan SMAIT Al Uswah.


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
1
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format