0

Universitas Gadjah Mada (UGM), salah satu dari perguruan tinggi negeri tertua, terbaik, dan terfavorit yang berdiri di Indonesia. UGM berada di Daerah Istimewa Yogyakarja (DIY) yang menjadi tujuan utama study campus kelas XII SMAIT Al Uswah Tuban. UGM merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi universitas tanggal 16 Desember 1949.

Tidak hanya kunjungan pendidikan, rombongan SMAIT Al Uswah Tuban yang terdiri dari 35 santri dan 15 guru pendamping itu juga melakukan tour di beberapa destinasi di Provinsi Jawa Tengah.

Dengan dipandu Pranata Wisata Tour Travel, agenda yang sempat tertangguhkan selama 2 tahun ini akhirnya bisa terlaksana dengan baik pada (16-19/01/2022). Sebagaimana sesuai rundown yang telah disusun sebelumnya, rombongan berangkat pada Minggu (16/01/2022) pukul 21.00 WIB.

Di hari pertama, rombongan mulai healing dan menikmati pesona Gunung Merapi dengan Jeep sampai ke museum sisa hartaku dan petilasan Mbah Marijan. Kemudian dilanjutkan ke salah satu tempat wisata yang sangat menarik karena spot-spot fotonya, yakni studio alam gamplong. Studio alam gamplong merupakan tempat pengambilan gambar untuk film milik sutradara Hanung Bramantyo yang terkenal dengan filmnya Bumi Manusia.

Hari kedua, rombongan dibawa oleh travel ke salah satu objek wisata yang tak kalah cantik karena view-nya. Yakni Heha Ocean View yang terletak di tepi Gunung Kidul. Setelah ke sana dilanjutkan ke Goa Pindul, dan kunjungan hari kedua ditutup di Little Tokyo.

Hari ketiga, merupakan hari yang dinanti rombongan, khususnya oleh santri kelas XII SMAIT Al Uswah Tuban. Karena di hari ketiga tersebut rombongan melakukan kunjungan pendidikan di UGM. Persiapan telah dilakukan sebaik mungkin oleh panitia dan rombongan. Mulai dari kartu vaksinasi, aplikasi PeduliLindungi, memakai masker hingga sebelum pemberangkatan seluruh rombongan dan tim travel melakukan swab antigen.

Awalnya tim panitia pesimis bisa diterima, karena sudah 2 tahun lebih UGM tidak menerima tamu, dan SMAIT Al Uswah Tuban inilah tamu pertama yang mereka terima selama masa pandemi. Jadi menjadi sebuah momentum dan kebanggan tersendiri bagi sekolah boarding yang baru meluluskan empat angkatan ini.

Komunikasi dari pengajuan hingga persetujuan ini juga tidak terlepas dari peran salah satu protokol UGM, Bapak Nana Cholis, S.Pd.

Di dalam ruang seminar lantai 2 gedung perpustakaan UGM, rombongan SMAIT Al Uswah Tuban disambut dengan baik dan mengikuti kegiatan yang telah dipersiapkan Humas UGM dalam menyambut rombongan. Yang mana dalam kegiatan tersebut diisi dengan penyampaian materi oleh Ibu Diana Rahmasari, M.Ec.Dev selaku Kepala Seksi Administrasi Akademik UGM.

Penyampaian materi yang luar biasa dari beliau, sehingga pulang tidak dengan tangan kosong. Berbagai informasi seputar UGM telah dikantongi para santri. Mulai dari program study, jalur masuk, beasiswa, daya tampung mahasiswa baru, biaya pendidikan, hingga UKM-UKM yang ada di UGM.

Senang, grogi, syukur, excitedly campur aduk yang dirasakan oleh para santri. Akhirnya bisa menginjakkan kaki dan merasakan atmosfer di kampus impian. Karena memang tidak sedikit dari santri SMAIT Al Uswah Tuban, khususnya generasi 5 ini yang memiliki cita-cita melanjutkan pendidikan di UGM.

Sepanjang jalan memasuki area kampus, hanya doa dan salawatlah yang terucap dari bibir mereka. Berharap semoga mimpi-mimpinya bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Aamin (Er/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp