0

Senin yang lalu pukul 00.00 WIB dini hari yang sangat luar biasa, kelas 10 angkatan ke-7 terlihat tampak semangat, lain dari hari biasanya. Dimulai sejak malam harinya, santri kelas X SMAIT Al Uswah Tuban mulai packing untuk persiapan berangkat ke Malang dalam rangka kunjungan kampus.

Kunjungan kampus merupakan salah satu program tahunan BK yang menggandeng kesiswaan dan humas. Harapan dari adanya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran kepada peserta didik terkait pendidikan lanjutan. Pentingnya sebuah proyeksi masa depan, sehingga perlu adanya ihktiar sejak awal.

Jauh hari sebelum pemberangkatan, persiapan demi persiapan telah dilakukan panitia dengan sebaik-baiknya. Mulai dari perizinan kampus, surat keterangkan sehat hingga kartu vaksinasi telah dipersiapkan sebelum pemberangkatan. Dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan secara ketat, alhamdulillah study kampus bisa terlaksana setelah tertunda satu tahun karena pandemi.

“Perbedaanya study campus di tahun-tahun sebelumnya dengan tahun ini itu agak susah untuk minta perizinanya karena adanya pandemi. Sebelumnya kita sudah berusaha untuk minta perizinan kunjungan kampus ke UGM ,UNES pokoknya sekitar Jawa Tengah gitulah tapi sempat ditolak. Awalnya kita pengennya kunjungan kampusnya sekalian untuk tour dan refreshing tapi agak bingung buat cari destinasinya kemana. Akhirnya memutuskan ke Malang dan ketemu UMM dan alhamdulillah kok ya perizinan kita diterima’’, tutur ustazah Dyah Ayu Wirantika selaku ketua pelaksana rombongan study campus ketika ditemui di ruangan BK.

Saat di lokasi tujuan kampus putih (julukan untuk Universitas Muhammadiyah Malang), rombongan disambut dengan hangat oleh beberapa mahasiswa dari berbagai jurusan. Layaknya seorang tour guide, kakak-kakak mahasiswa tersebut mengarahkan beberapa aspek seputar lingkungan kampus, juga informasi-informasi berbagai jalur yang disediakan UMM bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan study-nya.

Sangat disayangkan, perizinan kunjungan kampus hanya diberikan seputar lingkungan luar (out door) saja. Rombongan tidak diizinkan untuk memasuki gedung kampus, mengingat kondisi yang masih pandemi. Meski begitu, para santri kelas X SMAIT Al Uswah tetap semangat, tampak antusias dan aktif bertanya seputar lingkungan kampus serta informasi terkait jalur penerimaan mahasiswa baru UMM.

Dari hasil penggalian informasi saat study kampus tersebut, diharapkan para santri mulai memiliki gambaran dan bisa meraba potensi yang ada dalam diri masing-masing sebagai persiapan pendidikan lanjutan. Tidak hanya sekedar ‘’pengin’’ dan ‘’ngikut-ngikut’’ teman, tanpa disesuaikan dengan minat dan kemampuannya. Karena arah masa depan mau dibawa kemana, hanya diri sendiri yang mampu mengikhtiarkan, dengan diiringi doa tentunya. (Er/2022)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp