0

Oleh: Susilo* (Kelas XII IPS SMAIT Al Uswah Tuban)

Di zaman globalisasi ini, nasionalisme masyarakat suatu bangsa diuji dengan berbagai kebudayaan luar yang masuk ke dalam suatu bangsa tersebut. Berbagai kebudayaan asing kian mulai digandrungi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Hal ini lah yang menjadi tantangan besar dan harus menjadi perhatian khusus pemerintah dan juga masyarakat Indonesia. Mengapa hal ini harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat Indonesia?.  Karena kebudayaan asing dapat membuat masyarakat terlena sehingga lupa akan jiwa nasionalismenya. Terlebih lagi kebanyakan dari kebudayaan asing memilik sasaran empuk yakni generasi muda. Hal ini sangat dikhawatirkan karena generasi muda merupakan pemegang tongkat estafet pembangunan bangsa Indonesia di masa depan.

Generasi muda saat ini menyukai berbagai kebudayaan-kebudayaan asing dan seakan melupakan kebudayaan negaranya sendiri. Mereka lebih hafal lagu-lagu yang berasal dari luar negeri dari pada lagu-lagu daerah Indonesia dan lagu-lagu nasional Indonesia. Mereka lebih suka mempelajari kebudayaan luar negeri daripada mempelajari kebudayaan mereka sendiri. Sebagai contoh, anak remaja masa kini lebih menyukai idol grup yang berasal dari suatu negara. Ketika seseorang memiliki rasa fanatik yang terlalu tinggi terhadap sesuatu, maka jangan heran jika mereka selalu berlebihan dalam menyukai suatu hal tersebut.

Kebanyakan mereka lebih mengingat siapa saja anggota dari idol grup tersebut dibandingkan mengingat siapa saja pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsanya. Mereka lebih suka mempelajari kosakata dari bahasa asal idol grup tersebut daripada mempelajari kosakata bahasa daerahnya. Mempelajarai kosakata bahasanya sendiri saja tidak mau. Apalagi mempelajari bahasa daerah dari daerah lain.

Contoh lain yaitu ketika generasi muda ditanya tentang dasar negaranya yakni Pancasila. Kebanyakan dari mereka salah menyebutkan urutannya bahkan ada yang tidak mengingat isi Pancasila tersebut. Terlihat sangat miris bukan?. Para pahlawan yang telah berjuang dan rela bertaruh nyawa dalam perjuangan kemerdekaan bangsanya kurang dihargai oleh generasi muda. Tugas kita sebagai masyarakat Indonesia di zaman yang telah merdeka hanyalah menjaga keutuhan bangsa ini dengan tetap mempertahankan nasionalisme dalam masyarakatnya. Namun dalam kenyataannya, nasionalisme masyarakat Indonesia kian menyusut akibat perkembangan zaman dan adanya kebudayaan asing dari luar yang sulit dibendung dan dihindari.

Ketika nasionalisme masyarakatnya telah menyusut, bukan tidak mungkin suatu negara tersebut dapat hancur dengan sendirinya secara perlahan. Kebudayaan yang ada dalam negara tersebut pun ikut “hancur” seiring dengan berkurangnya minat masyarakat. Hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor kebudayaan negara ini diambil oleh negara lain dan dijadikan kebudayaan mereka.

Nasionalisme masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan melalui berbagai hal. Seperti melalui lembaga pendidikan yaitu sekolah. Peranan sekolah sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat karena dapat membentuk suatu karakter seseorang. Pihak sekolah dapat memberikan pembelajaran tentang pentingnya semangat cinta tanah air dan mengenalkan kebudayaan bangsa sejak usia dini.

Nasionalisme dalam diri masyarakat Indonesia yang merupakan pondasi dari kuatnya bangsa tersebut sendiri memiliki peranan yang sangat besar. Karena ketika pondasi tersebut hancur maka bangunan yang di atasnya akan ikut tergerus. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang baik dan mengahargai perjuangan dari para pahlawan hendaknya kita semakin memperkuat semangat cinta tanah air. Sehingga kebudayaan dan integrasi bangsa dapat terus terjaga yang dapat menjadikan bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang kuat di mata dunia internasional. *Juara 2 Lomba menulis artikel di SMAIT Al Uswah Tuban. Berprofesi sebagai Analis Kesehatan. Wali murid dari Anesthesya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format