0

Masa muda perlu bijak dalam mengatur waktu untuk terus belajar mengasah diri. Belajar terus dengan semangat meraih perubahan. Masa muda bukanlah masa untuk berleha-leha ataupun bersantai ria. Justru di masa muda inilah semangat juang perlu digertak. Salah satu bentuk gebrakan di SMAIT Al Uswah Tuban yakni tertuang dalam kegiatan dauroh bahasa, yang mana merupakan wadah para santri untuk mengasah kemampuan berbahasa Arab. Ustaz Wafi mengatakan bahwa kegiatan dauroh ini selain bertujuan untuk mengasah kemampuan Bahasa Arab para santri, tapi juga sebagai aktualisasi potensi santri dalam akselerasi dakwah.

Kepala SMAIT Al Uswah Tuban Ustaz Masrukin di pembukaan kegiatan pada Senin (18/10), berhasil menggerakkan semangat santri yang berada di dalam masjid Muhammad Al Fatih. Harapan besar dari ustaz-ustazah, sebagaimana yang tertuang dalam visi sekolah, SMAIT Al Uswah Tuban dapat mencetak para generasi yang saleh, cerdas, dan siap memimpin. Layaknya seorang pemuda yang namanya terukir di plakat masjid sekolah. Yakni Muhammad Al Fatih, sang pemuda pemimpin pasukan dalam penaklukan Konstantinopel.

Kegiatan santri saat malam hari (Foto: Erma/2021)
Kegiatan santri saat malam hari (Foto: Erma/2021)

Penyampaian materi dalam kegiatan dauroh dilaksanakan di siang hari setelah pembelajaran sekolah. Kemudian dilanjut pada malamnya dengan agenda murojaah materi bersama alumni SMPIT dan SMAIT Al Uswah yang lolos melanjutkan studi pendidikannya di LIPIA dan Kairo-Mesir.

Sharing pengalaman sekaligus motivasi dari para alumni yang berhasil menembus pendidikan lanjutan terbaik tersebut menambah semangat para santri dalam ber-tholabul ilmi. Bahkan para santri tidak sedikit yang melontarkan kata “pengen seperti Mbak Hubfi yang lolos di LIPIA’ Jakarta”.

Kegiatan dauroh di hari selanjutnya, dilaksanakan bersamaan dengan agenda perayaan maulid Nabi Muhammad SAW. Acara puncak maulid nabi yang dilaksanakan pada Selasa (19/10) tersebut diisi dengan kajian yang disampaikan oleh ustaz Marjuki dan diikuti oleh seluruh warga SMAIT Al Uswah Tuban.

Aktualisasi diri santri SMAIT Al Uswah Tuban (Foto: Erma/2021)
Aktualisasi diri santri SMAIT Al Uswah Tuban (Foto: Erma/2021)

Tidak hanya berhenti di acara puncak, kegiatan dauroh serta perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW juga dimeriahkan dengan adanya serakaian lomba, di antaranya yaitu rangking satu sirah nabawi, nasyid, tebak kata Bahasa Arab, kibarkan aku, dan estafet pintar.

Khusus di hari selasa ini, serangkaian agenda memang hanya berisikan lomba-lomba untuk memperingati hari Maulid Nabi. Seluruh peserta lomba tampak benar-benar berantusias dalam mengikuti setiap perlombaan. Sorak-sorai meriuhkan suasana perayaan Maulid Nabi, dan pengumuman para pemenang lomba dilakukan pada malam itu juga.

Info PPDB SMAIT Al Uswah di https://aluswah-tuban.com/smait/juknis-ppdb-tp-2022-2023-smait-al-uswah-tuban/

Adanya kegiatan dauroh ini benar-benar padat dan pastinya melelahkan siswa-siswi SMAIT Al Uswah, akan tetapi dengan adanya semangat membara mencari ilmu setelah adanya pencerahan kajian tentang semangat sahabat-sahabat Nabi yang menular. Alhamdulillah agenda dauroh dapat berjalan dengan lancar dan ditutup dengan pelaksanaan ujian dauroh dan penampilan muhadhoroh di malam harinya. (Er/ed).

 


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp