0

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dibentuk untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

UKS di SDIT Al Uswah Tuban memberikan kegiatan senam bersama dan cek up kesehatan guru dan wali murid. Acara terselenggara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2020. Dipusatkan di lapangan atas sekolah dan kantor UKS, Jumat, (27/11/2020) pagi. Bersama Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) melakukan serangkaian kegiatan mulai dari senam bersama sampai cek kesehatan. Semoga bisa menjadi pengokoh ukhuwah kita semua.

Flyer (Sumber: Humas/2020)
Flyer (Sumber: Humas/2020)

Seusai senam bersama dilakukan pemotongan kue di HGN 2020. Cek up dan sarapan soto bersama dan ditutup pembagian hadiah dengan sistem tukar (arisan). Kegiatan ini kebersamaan dan menjalin harmonisasi.

Senam bersama guru dan wali murid di HGN 2020 (Foto: Humas/2020)
Senam bersama guru dan wali murid di HGN 2020 (Foto: Humas/2020)

Sekolah berkomitmen dalam upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat. Apalagi di masa pandemi ini kegiatan positif rutin kami lakukan bersama guru dan komite. Yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah. Dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

Pemotongan kue di HGN 2020 (Foto: Humas/20200
Pemotongan kue di HGN 2020 (Foto: Humas/20200

SDIT Al Uswah Tuban mempunyai perawat yang lulusan s1 keperawatan dan pendidikan keprofesian (Ns) atas nama Ustazah Gefin Wahyu Sevrifentis, S.Kep.,Ns. Beliau rutin memberikan edukasi tentang kesehatan yang ada di sekolah. Acapkali memberikan fasilitas pemeriksaan gratis bagi warga sekolah.

Cek up kesehatan oleh UKS (Foto: Humas/2020)
Cek up kesehatan oleh UKS (Foto: Humas/2020)

Sasaran Pembinaan UKS: peserta didik, pembina UKS (teknis dan nonteknis) dan sarana dan prasarana pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan lingkungan sekolah.

Kegiatan utama usaha kesehatan sekolah disebut dengan Trias UKS, yang terdiri dari: pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat.

Pembagian hadiah (Foto: Humas/2020)
Pembagian hadiah (Foto: Humas/2020)

Dengan demikian Trias UKS merupakan perpaduan antara upaya pendidikan dengan upaya pelayanan kesehatan. Pendidikan kesehatan merupakan upaya pendidikan kesehatan yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum sekolah.

Pelayanan kesehatan merupakan upaya kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang secara sehat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas belajar dan prestasi belajar. Sedangkan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat merupakan gabungan antara upaya pendidikan dan upaya kesehatan untuk dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari peserta didik.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp