0

Parenting skill online di lingkungan sekolah mengusung tema “Menjadi Orang Tua Hebat di Masa Pandemi Covid-19” berlangsung di SDIT Al Uswah Tuban di Jalan Al Falah II Gang Aluswah Nomor 06 Latsari Tuban, 12 Juli 2020. Wali murid yang baru yakni orang tua di kelas 1 menjadi pesertanya. Dalam parenting skill kali Riza Wahyuni yang menjadi pengisi acaranya.

Dalam parenting kali ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting sebab masih dalam masa pandemi. Setiap wali murid masuk melalui link yang telah diberikan pihak panitia sekolah. Antusiasme wali murid tetap membara demi memberikan yang terbaik bagi ananda tersayang.

Pihak sekolah setiap tahunnya selalu memberikan fasilitas terbaik melalui pendampingan dan bimbingan bagi wali murid baru. Sehingga pihak sekolah, siswa, dan wali murid mempunyai satu frekuensi yang sama dalam mendidik anak.

Kepala SDIT Al Uswah Tuban, Mulyadi, menjadi komitmen bersama lembaga untuk sama-sama menyamakan visi untuk menjadikan pola komunikasi dan pendidikan yang baik untuk anak. Apa yang telah diajarkan oleh ustaz-ustazah di sekolah bisa disinergikan oleh orang tua di lingkungan rumahnya. Menjadi tanggungjawab bersama antara sekolah dan rumah dalam proses pendidikan. Nah, ini yang kita lakukan. Kita tahu dalam masa seperti sekarang pola komunikasi (virtual) dan langsung tetap harus dijaga.

Di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang massif seperti ini, sebagai orang tua sudah selayaknya menyiapkan pola pendidikan yang sesuai. Tentu zaman sekarang harus ada inovasi dan kreatifitas dalam menyiapkan siswa meraih cita-citanya. Ungkapnya.

Parenting skill sangat bermanfaat bagi orang tua agar saat berinteraksi dengan anak memahami hasil dan tujuan dari setiap aktifitas dengan anak. Dengan demikian setiap berinteraksi dengan anak-anak merupakan media pembelajaran yang efektif. Anak tidak menyadari bahwa sedang mempelajari sesuatu karena dikmas dengan aktifitas sehari-hari.

Ustazah Riza Wahyuni yang telah menjadi trainer memberikan materi dengan gayanya yang komunikatif dan mengasyikkan. Ia menjelaskan beberapa hal yang harus dijaga oleh siswa saat berada di lingkungan rumah dan dalam kondisi apapun.

Sebagai orang tua perlu menjalin kedekatan emosional dengan anak secara baik, jelas tujuan pengasuhan anak, berbicara baik dengan anak-anaknya, mengajarkan dan menanamkan agama sejak dini, persiapan anak masuk usia remaja, persiapan anak masuk di era digital, dan pengasuhan tanpa kekerasan. katanya dalam sela-sela penyampaina via zoom meeting.

Menjadi orang tua merupakan pilihan hidup, dan menjadi orang tua yang hebat adalah keinginan semua orang tua. Namun, untuk menjadi orang tua hebat dewasa ini tidaklah mudah, karena dihadapkan kompleksitas tantangan dan hambatan, baik bersifat internal maupun eksternal, seperti perubahan sosial dan kemajuan teknologi informasi.
Kita dituntut untuk terus belajar menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak. Sebab anak adalah anugerah terbaik dari Allah Swt.

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format