0

SDIT Al Uswah Tuban setiap pekan dan bulannya tak lepas dari upgrade sumber daya manusia (SDM). Seakan menjadi menu wajib di lingkungan sekolah. Mulai guru Al-Qur’an, mata pelajaran, wali kelas dan karyawannya. Sebab, ini komitmen lembaga dalam rangka peningkatan kualitas guru.

Ada pendampingan guru di setiap koordinator jenjang (korjen) per kelas. Ada pendampingan mengisi perangkat pembelajaran. Ada pelatihan membuat media pembelajaran berbasis IT di tengah pandemi. Ada bijak mengelola media sosial. Tata cara komunikasi ke wali murid dan siswa. Ada pendampingan pembuatan soal, analisis dan pengisian nilai raport. Ada pendampingan guru dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an. Masih banyak lagi agenda yang terus dilakukan oleh SDIT Al Uswah Tuban.

Di Sabtu (26/9) jadwalnya upgrade dan pembinaan guru baru (setahun pertama) sebagai tahapan dalam beradaptasi iklim lembaga. Selain itu, untuk menyelaraskan visi dan misi SDIT Al Uswah Tuban. Upaya itu terus dilakukan oleh SDIT Al Uswah dalam mengembangkan dan meningkatkan profesionalitas guru di lingkungan Al Uswah.

Suasana di kegiatan pembinaan (Foto: Humas/2020)
Suasana di kegiatan pembinaan (Foto: Humas/2020)

Prioritas pembangunan nasional diletakkan peningkatan kualitas SDM, terlebih dalam menghadapi era globalisasi. SDM di Al Uswah Tuban terus menjadi hal utama di lingkup lembaga.

Dalam proses pembangunan tersebut, peranan bidang pendidikan (guru, red) amatlah strategis. Pendidikan mampu menciptakan SDM yang berkualitas. Al Uswah Tuban komitmen sejak awal di sini. Untuk itu peningkatan kualitas SDM mutlak harus dilakukan. Karena mampu memberikan multiplier efect terhadap pembangunan perekonomian.

Sebagai sekolah yang mendidik siswa menjadi hafiz (penghafal Al-Qur’an), SDIT Al Uswah terus bergerak. Memberi pembekalan di guru baru pengajar Al-Qur’an. Bagaimana mengelola tim kerja yang solid. Strategi pembelajaran yang pas. Dikawal langsung oleh ustaz Mulyadi selaku Kepala SDIT Al Uswah.

Cuplikan materi pembinaan (Foto: Humas/2020)
Cuplikan materi pembinaan (Foto: Humas/2020)

Menurut Kepala SDIT Al Uswah Tuban, tujuannya memberikan training atau pelatihan pada guru-guru baru terkait pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai. Program dilaksanakan tiap satu bulan sekali. Untuk sembilan guru pengajar Al-Qur’an dan mata pelajaran. OJT (One Jobs Training) program training untuk guru baru. Program ini berkelanjutan dan terus dikawal.

Era globalisasi membuka mata kita untuk melihat ke masa depan yang penuh tantangan. Era yang tidak dibatasi ruang dan waktu membuat SDM yang ada selalu ingin meningkatkan kualitas dirinya agar lebih kompeten. Apalagi di masa pandemi yang menuntut kreatif dalam berbagai aspek. Semua demi pelayanan ke anak didik di SDIT Al Uswah Tuban.

Manajemen pendidikan diharapkan menghasilkan pendidikan yang produktif dan kompetitif. SDM yang efektif dan efisien. Mendidik siswa dengan penuh tanggungjawab dan komitmen. Menanamkan kebudayaan dan nilai-nilai islam dalam berbagai dimensi kehidupan ke depannya.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format