0

Tentu kita semua ingin bersedekah membantu sesama dengan penuh kasih. Sedikit meringankan beban dari saudara untuk berbagi senyum. Sedekah beragam caranya. Nah, sedekah bisa kita lakukan dengan beragam cara. Sesuai dengan kondisi, potensi, dan kemampuan yang kita miliki.

Bagi Sahabat Al Uswah Tuban yang diberi kelebihan harta, maka ia bisa bersedekah dengan materi ataupun non materi. Bagi yang diuji dengan kekurangan harta, maka pintu sedekah tidak tertutup baginya. Masih bisa pakai cara lain untuk berbagi.

Ia bisa bersedekah dengan beragam cara dan meraih pahala sedekah sebagaimana yang didapatkan oleh orang-orang berharta. Sedekah dengan kebaikan dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya.

Ada sebuh kisah yang penting kita simak bersama. Suatu hari seorang pengemis mendatangi rumah Sayyidah Aisyah ra. Ia datang untuk meminta makanan. Sayyidah Aisyah ra. saat itu hanya mempunyai beberapa butir anggur.

Dikutipa dari Kesan.id, Sayyidah Aisyah memberikan salah satu anggurnya kepada si pengemis. Dia takjub sekaligus heran melihat anggur yang ia terima. Si pengemis mungkin menganggap pemberian Sayyidah Aisyah ra. begitu sedikit.

Melihat ekspresi sang pengemis, Sayyidah Aisyah ra. bertanya, “Apakah kamu takjub karena nilai sebutir anggur ini dibanding berat zarrah?” (lihat HR. Malik no. 1849).

Pensyarah Kitab Al-Muwathha’ Abdul Karim Khudhair menjelaskan bahwa sedekah sekecil apa pun adalah amalan baik yang akan Allah beri balasan. Allah berfirman:

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (QS. Az-Zalzalah [99]: 7-8).

Selain itu, saat itu Sayyidah Aisyah ra. hanya memiliki beberapa butir anggur. Sayyidah Aisyah ra. sudah berusaha bersedekah sesuai kemampuannya saat itu. Rasulullah bersabda:

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ ـ وَلاَ يَقْبَلُ اللَّهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ ـ وَإِنَّ اللَّهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِينِهِ، ثُمَّ يُرَبِّيهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّي أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ.

Barangsiapa bersedekah dengan separuh biji kurma dari penghasilan yang baik, dan tidak ada yang naik kepada Allah kecuali amal yang baik, maka Allah menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian mengembangkannya untuk pelakunya sebagaimana salah seorang diantara kalian merawat kuda piaraannya hingga sebesar gunung. (HR. Bukhari no. 1410)

Walaupun di mata manusia sebutir anggur bernilai kecil, tetapi Allah menilai setiap zarrah amalan manusia.

Ada beberapa makna zarrah yang diriwayatkan para ulama. Ibnu Abbas ra. mengatakan zarrah adalah semut paling kecil atau debu yang menempel pada tangan.

Ahli bahasa dan sejarah Ibnu Qutaibah mengatakan zarrah adalah ukuran yang lebih kecil dari semut paling kecil.

Namun, yang jelas zarrah adalah ukuran untuk amalan manusia. Menurut tafsir Kemenag, zarrah adalah atom. Allah menegaskan bahwa sekecil apa pun amalan baik maupun buruk yang manusia lakukan, Allah pasti akan berikan balasannya.

Sesuai dengan hadis di atas, Allah juga berjanji akan melipatgandakan sedekah dari harta yang halal seperti membesarkan kuda hingga sebesar gunung.

Di masa pandemi ini, banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup karena kemerosotan ekonomi. Sebagian pula juga sedang berjuang melawan Covid-19 yang dideritanya. Mereka-mereka butuh uluran tangan kita.

Marilah kita membantu saudara-saudara kita tersebut sesuai kemampuan kita, sekecil apa pun itu. Semoga dengan usaha kita dalam beramal dengan maksimal Allah beri balasan yang berlipat ganda. Amiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

~Jangan remehkan amalan baik sedikitpun, meski hanya dengan menemui saudaramu dengan wajah berseri-seri. (HR. Muslim no. 2626).

Referensi: Malik bin Anas, Al-Muwattha’; Abdul Karim Khudhair, Syarah Muwattha’.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *