-1
-1 points

Oleh: Dea Lonita Sari, S.Pd*

“Perubahan situasi kehidupan akibat pandemi memiliki pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadapa anak”. Dea Lonita Sari

Pandemi Covid-19 tidak hanya menimbulkan dampak pada aspek sosial ekonomi, namun juga kondisi kesehatan mental masyarakat. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tahun ajaran baru bulan Juli 2020 sebagian besar anak-anak Indonesia masih harus menjalani kegiatan sekolah dari rumah masing-masing.

Meskipun new normal telah dilakukan, tentunya masih banyak sekali batasan bagi anak-anak untuk dapat beraktivitas di luar rumah.  Mereka belum dapat berjumpa dan bermain bersama teman-teman sekolah, serta belum dapat dengan bebas mengujungi tempat-tempat yang mereka sukai.

Banyak orang tua mengeluhkan perubahan perilaku serta emosi anak-anak mereka. Orang tua mengeluhkan anak lebih mudah marah dari sebelumnya, mudah terganggu oleh hal-hal kecil, ada pula yang mengeluhkan anak menjadi lebih mudah sedih dan menangis tanpa sebab yang jelas.

Perubahan situasi kehidupan akibat pandemi memiliki pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap kemunculan keluhan-keluhan tersebut.

Berikut beberapa tips atau cara menjaga kesehatan mental anak selama pandemi corona:

Orang tua tenang, anak tenang

Di usia anak, mereka belajar dengan meniru orang terdekatnya, terutama orang tua. Jika orang tua memiliki rasa cemas dan panik berlebihan, anak-anak akan peka terhadap emosi negatif tersebut dan turut merasakannya. Kendati virus ini benar-benar nyata, orang tua tidak harus panik, kalau perlu hindari menonton televisi yang menayangkan tentang corona atau mengurangi membaca berita. Informasi berlebihan tentang Covid-19 hanya akan memperburuk keadaan.

Jadwalkan kegiatan rutin, tapi tetap fleksibel

Penjadwalan kegiatan menjadi penting karena biasanya anak-anak memiliki kegiatan yang tersusun rapi di sekolah. Sementara pada masa karantina, orang tualah yang bertugas menjadwalkan kegiatan tersebut dan mengawasi anak-anaknya. Namun, meskipun sudah dijadwalkan, jangan bersikap kaku dengan kegiatan yang sudah ditetapkan, ikut berperan dalam kegiatan anak. Jadilah fleksibel, tapi tetap konsisten dengan struktur kegiatan tersebut.

Jujurlah

Anak-anak mungkin akan bertanya-tanya kenapa mereka tidak dibolehkan lagi berangkat ke sekolah dan dibatasi bertemu teman-temannya. Bicarakanlah dengan anak tentang virus corona dan efeknya. Jangan lupa, yakinkan mereka bahwa mereka aman dan terlindungi.

Jangan biarkan internet dan hiburan elektronik mengontrol keluarga

Selama corona ini pembelajaran dilakukan secara daring, yang artinya pembelajaran dilakukan melalui media elektronik. Hal tersebut membuat anak jadi semakin sering menggunakan handphone dan terkadang anak menggunakan handphone tidak hanya digunakan untuk pembelajaran online tetapi melakukan aktivitas lain seperti membuka intagram, tik tok, game online, dll.

Saat ini, bukan saat yang tepat untuk menyalahkan efek negatif media sosial, televisi, dan internet. Sebagian besar orang mengandalkan teknologi dan komunikasi jarak jauh untuk tetap terhubung dengan orang lain. Namun, layar elektronik memiliki efek negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Sehingga hiburan televisi atau melalui layar elektronik untuk anak-anak perlu dibatasi setiap harinya.

Jangan reaktif berlebihan

Sebagai orang tua tentu saja merasa khawatir saat pandemi corona ini, orang tua harus dapat memanajemen emosi dengan baik. Dilansir dari Psychology Today, rasa panik, stres, dan kecemasan dapat menular ke anak-anak. Rasa panik dan stres berlebihan berakibat buruk untuk kesehatan. Merasa panik di tengah penyebaran penyakit malah berisiko menjadikan seseorang rentan terpapar virus. Sebab rasa panik dan emosi negatif ini menular, orang tua tentu tidak ingin mendapati imun anaknya menurun, yang malah berpotensi rentan terpapar virus. *Pendidik Mata Pelajaran BK SMPIT Al Uswah Tuban. (De/ed)

 


Like it? Share with your friends!

-1
-1 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
2
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format