0

Demi upaya mencegah infeksi virus COVID-19 agar tidak meluas yakni dengan cara penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum. Ini dilakukan untuk memutus, mengecilkan risiko, dan mengamankan warga tetap aman dari virus Corona.

Dompet Sosial Al Uswah (DSU) Tuban terus bergerak sejak wabah ini mulai merajalela di Indonesia khususnya di Bumi Wali. DSU di minggu ketiga telah menebar seperangkat alat cuci tangan di berbagai fasilitas dan tempat umum di Tuban. Kini DSU bersama relawan menyemprotkan desinfektan di area publik.

Salah satu cara yang diterapkan adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan di tempat-tempat umum. Desinfektan sendiri merupakan sebuah cairan kimia yang diciptakan atau diracik untuk mencegah infeksi agar tidak semakin meluas.

Tim relawan melakukan penyemprotan di tempat ibadah (Foto: DSU/2020)

Kegiatan penyemprotan desinfektan secara langsung memang bisa membantu pencegahan COVID-19. Apalagi aktivitas di sekitar kita masih lumayan tinggi.

DSU Tuban melakukan kegiatan di hari pertama (24/3) di Musala Nurul Iman, Pasar Tradisional, dan 12 ATM di Tuban. Dalam kegiatan ini ada 4 relawan dan tidak menutup kemungkinan ada relawan lagi yang bergabung. Karena penyemprotan ini akan dilakukan beberapa hari ke depan di sejumlah titik fasilitas umum. Melihat perkembangan di lapangan. Adapun bahan dan alat ini sumbangan dari donatur DSU yang dikelola untuk kegiatan sosial-kemanusiaan ini.

Tim melakukan penyemprotan di area publik Tuban (Foto: DSU/2020)

Kita bisa melakukan penyemprotan mandiri dengan bahan yang ada di pasaran. Upaya ini harus dilakukan bersama-sama dalam melawan COVID-19 ini. Mengingat penyebarannya sangat cepat. Di Tuban sendiri sesuai update Selasa (24/3) malam ada 48 ODP, 1 PDP, 0 terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai data dari COVID19.tubankab.go.id.

Bila dikaji lebih jauh, cairan desinfektan memiliki fungsi untuk menghilangkan virus dan bakteri yang menempel pada tubuh. Cairan desinfektan membantu memperlambat penyebaran virus.

Tim melakukan penyemprotan di area salah satu ATM di Tuban (Foto: DSU/2020)

Apakah kita bisa buat sendiri cairan desinfektan, apa saja bahan-bahan pembuatan semprotan untuk membunuh virus Corona yang menempel di berbagai benda di tempat-tempat umum? 

Jika saran dari dr. Nahla Shihab, turut membagikan tips untuk orang-orang yang ingin membuat desinfektannya sendiri. Mau tahu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, masukkan 905 ml air ke dalam botol semprot; kedua, tambahkan 95 ml Bayclin supaya kedua elemen tercampur; ketiga, selesai, kamu kini memiliki cairan desinfektan sendiri berisi 1000 ml.

Direktur DSU Tuban Ratna Dwi Kartika berharap untuk bisa dilakukan oleh semua orang di Tuban ini. Dilakukan di beberapa area publik berbasis lingkungan. Bisa juga berbasis keluarga masing-masing. Sederhana dan murah sebenarnya jika kita mau melaksanakannya. Misalnya dari bahan Bayclin dicampur air biasa dengan perbadingan 1:9. Yang bisa digunakan untuk penyemprotan di area rumah kita. Katanya

Umi Ratna menambahkan, misal pakai bahan wipol atau bahan kimia yang lain juga bisa. Ditaruh di jurigen dengan kapasitas yang ada. Jangan lupa faktor keamanan relawan dengan menggunakan alat perlindungan diri yang standart. Ungkapnya.

“Dilakukan tidak cukup sekali saja. Upaya ini bagian dari gerakan pencegahan. Selain pakai sabun dengan rajin menyuci tangan, pakai masker, sarung tangan, dan mengganti baju ketika habis bepergian”. Jelasnya.

Tetap harus berikhtiyar semaksimal mungkin. Tetap menjaga jarak antar sesama. Tetap doa dan usaha yang maksimal. Insyallah kita bisa melewati ini semua dengan optimal.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format