0

Merebaknya informasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di berbagai daerah di Indonesia menjadi perhatian khusus bagi tim Dompet Sosial Al Uswah (DSU) Tuban. Upaya konkret langsung dilaksanakan oleh tim DSU Tuban dalam mencegah penyebaran ke masyarakat Tuban yang tengah beraktifitas di ruang publik.

DSU Tuban terus bergerak cepat dengan mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Hal itu dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke Tuban dan sekitarnya.

Seruan tersebut dilakukan melalui langkah konkret cara cuci tangan dengan benar bagi pengunjung dan pemilik stand atau kios yang ada di pasar tradisional Kabupaten Tuban.

Salah satu penjual yang menyuci tangannya dari program DSU Tuban (Foto: DSU/2020)

Pada Selasa, 17 Maret 2020 DSU Tuban melakukan pemasangan bak air di 5 titik Pasar Pramuka, 4 titik Pasar Baru bagian selatan dan 2 titik di Pasar Sukolilo. Sedangkan di hari Rabu, 18 Maret 2020 dilakukan pemasangan di Pasar Pemuda 2 titik, area Pasar Ronggomulyo, SDN Ronggomulyo, perempatan Sambong dan di Plaza Ikan 2 titik. di Hari Kamis, (19/3) di GOR Tuban dan Pasar Panyuran masing-masing 4 titik. dan, di Jumat, (20/3) di Pasar Sugiharjo 4 titik.

Selain itu, DSU Tuban juga membagikan secara gratis sejumlah sarana cuci tangan memakai sabun di sejumlah pasar tradisional. Fasilitas tahap awal tersebut dipasang di Pasar Pramuka, Pasar Baru Tuban, dan Pasar Sukolilo, dan tempat lainnya.

Direktur DSU Tuban bersama penerima manfaat program (Foto: DSU/2020)

Direktur DSU Tuban Ratna Dwi Kartika mengatakan kegiatan berupa pembagian sarana cuci tangan memakai sabun ini merupakan program tanggap bencana Covid-19. Dari program ini diharapkan semakin meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing.

“Pasar menjadi sasaran utama program ini, karena di area pasar menjadi sentral berkumpulnya massa,” jelas Umi Ratna.

Ia menambahkan, kegiatan sekolah saat ini telah diliburkan dan diganti pembelajaran online. Kemudian Masjid sebagian besar sudah memiliki sarana berwudhu yang memadai. Namun pasar sebagai sentra ekonomi dan area berkumpulnya massa dalam jumlah besar, harus mendapatkan perhatian ekstra.

Pengunjung saat menyuci tangan pakai sabun dan air mengalir (Foto: DSU/2020)

Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan dari hari ke hari semakin banyak warga Tuban yang teredukasi. Kami berharap Tuban bisa nol Corona Covid-19.

Lebih lanjut, ia menjelaskan sumber pendanaan dari program ini berasal dari donasi warga Tuban yang dipercayakan kepada DSU. Selanjutnya, disalurkan melalui program tersebut guna mencegah resiko penyebaran Virus Corona.

Bagi sahabat-sahabat sekalian yang berkenan bergabung dengan DSU Tuban bisa kontak di nomor di bawah ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format