0

Memasuki bulan Mei yang kerap menjadi ingatan kita adalah Hari Buruh, Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, hingga peristiwa reformasi di tahun 1998. Selain itu bulan Mei juga memiliki segudang peristiwa-peristiwa penting lainnya yang (mungkin) saja luput dalam benak kita. Mulai dari awal bulan hingga akhir bulan Mei ada beberapa peristiwa yang bisa dibilang sangat bersejarah dan peristiwa ini terjadi di beberapa negara Indonesia hingga mendunia. Ini menjadi khazanah dan wawasan kita. Nah, Sahabat Al Uswah yang berbahagia, berikut ini daftar peristiwa penting yang terjadi selama bulan Mei.

Tanggal 1 Mei

Tahun 1886

Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.” Sehingga semenjak itu tanggal 1 Mei diistilahkan dengan May Day yang diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara. Di Indonesia pun setiap 1 Mei diperingati sebagai May Day yang kerap diwarnai aksi unjuk rasa atau pun sejeninya.

Tahun 1963

Pada tahun 1963 terjadi peristiwa bersejarah dan penting bagi rakyat Papua dan Indonesia, dimana proses integrasi Irian Barat (Papua) ke pengakuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui cara dan prosedur yang sah serta demokratis yang kemudian diterima Dunia Internasional.

Tanggal 2 Mei

Tahun 1899

Diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau HARDIKNAS yang hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Tahun 1964

Pada tahun 1964, Cut Nyak Dien menjadi Pahlawan Nasional. Cut Nyak Dien adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Setelah wilayah VI Mukim diserang, ia mengungsi sementara suaminya Ibrahim Lamnga bertempur melawan Belanda.

Tanggal 4 Mei

Tahun 1982

Pemilu ketiga pada masa Orde Baru berlangsung di Indonesia.

Tanggal 7 Mei

Tahun 1949

Pada tahun 1949, senuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal 14 April 1949 akhirnya ditandatangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta, perjanjian tersebut bernama Perjanjian Roem-Roijen.

Tanggal 8 Mei

Tahun 1993

Marsinah, aktivis buruh, ditemukan terbunuh di hutan Nganjuk.

Tahun 1998

Peristiwa Gejayan bentrokan berdarah di daerah Gejayan, Yogyakarta, dalam demonstrasi menuntut reformasi. Ratusan korban luka, dan satu orang, Moses Gatutkaca, tewas.

Tanggal 9 Mei

Tahun 2012

Kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak. Pada tanggal 9 Mei 2012 sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pada tanggal 10 Mei 2012, reruntuhan Superjet Sukhoi terlihat di tebing Gunung Salak. Karena bidang yang luas dimana puing-puing pesawat menabrak gunung, penyelamat menyimpulkan bahwa pesawat langsung menabrak sisi berbatu gunung

Tanggal 12 Mei

Tahun 1998

Peristiwa penembakan terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta dan puluhan orang luka. Mahasiswa yang tewas di dalam kampus ini, terkena peluru tajan di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan dan dada.

Awalnya ekonomi Indonesia mulai goyah, mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran ke Gedung Nusantara termasuk mahasiswa Universitas Trisakti. Mereka melakukan aksi damai dari kampus Trisakti menuju Gedung Nusantara pada pukul 12.30. Namun aksi mereka dihambat oleh blokade dari Polri dan militer datang kemudian. Beberapa mahasiswa mencoba bernegosiasi dengan pihak Polri. Akhirnya pada pukul 17.15 para mahasiswa bergerak mundur diikuti bergerak majunya aparat keamanan.

Aparat keamanan pun mulai menembakkan peluru ke arah mahasiswa, para mahasiswa panik dan bercerai berai, sebagian besar berlindung di Universitas Trisakti. Namun aparat keamanan terus melakukan penembakan sehingga korban banyak berjatuhan.

Tanggal 18 Mei

Tahun 1998

Ratusan mahasiswa dari Forum Kota dan UI berhasil menerobos masuk ke Gedung DPR/MPR, ini gelombang pertama pendudukan Gedung DPR/MPR oleh mahasiswa

Tanggal 19 Mei

Tahun 1981

Hamka mengundurkan diri dari Ketua MUI, atas tersiarnya Fatwa MUI.

Tahun 1998

Ribuan mahasiswa Jakarta dan sekitarnya mendatangi dan menduduki Gedung DPR/MPR.

Tanggal 20 Mei

Tahun 1883

Gunung Krakatau mulai meletus, menyebabkan kehancurannya tiga bulan kemudian. Akibat meletusnya gunung ini awan panas dan tsunami menewaskan sekitar 36.000 jiwa dan tsunami ini menjadi terdahsyat dikawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar di ALice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hirosima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Letusannya juga menyebabkan perubahan iklim global, dunia sempat gelap selama sua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya, hamburan debu tampak di langit Nowergia hingga New York.

Tahun 1908

Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa Stovia di Batavia, Hindia Belanda. Diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Periode pada paruh pertama abad ke-20 dimana banyak rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”.

Tahun 2002

Timor Leste merdeka dari Indonesia setelah PBB memegang kekuasaan administratif sejak tahun 1999 melalui misinya UNTAET.

Tanggal 21 Mei

Tahun 1998

Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya pada  sekitar pukul 9.00 WIB. Wakil Presiden B.J. Habibie menjadi presiden baru Indonesia ketiga.

Tanggal 23 Mei

Tahun 1997

Kerusuhan meletus di Banjarmasin, Kalimantan Selatan saat Partai Golkar menggelar kampanye hari terkahir menjelang pemilu 1997. Kejadian yang kemudian dikenang sebagai Jumat Kelabu itu diyakini menewaskan banyak orang. Namun karena ketertutupan pemerintah, tidak ada laporan yang akurasinya bisa dipercaya penuh mengenai kejadian di lapangan pada waktu itu.

Tanggal 24 Mei

Tahun 1989

Kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran Piala Sudirman yang pertama mulai digelar di Jakarta.

Tanggal 25 Mei

Tahun 1810

Herman Willem Daendels meminta secara resmi Parakanmuncang dan Bandung memindahkan ibu kotanya ke alun-alun Kota Bandung, sekarang.

Tanggal 26 Mei

Tahun 824

Prasasti Kayumwungan diselesaikan, menceritakan Pramodawardhani putri Samaratungga yang meresmikan bangunan suci bertingkat-tingkat, diduga  sebagai Candi Borobudor.

Tanggal 27 Mei

Tahun 1983

Hari Raya Waisak 2527 menjadi hari libur nasional untuk yang pertama kalinya.

Tahun 2006

Gempa tektonik kuat mengguncang DIY, Indonesia, menewaskan sekitar 6.234 jiwa. Lumpur panas mulai menyembur di lokasi pengeboran Lapindo Brantas di Renokenongo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini menyebabkan tergenangnya kawasan pemukiman, pertanian dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya serta mempengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

Tanggal 31 Mei

Tahun 1293

Kota Surabaya didirikan di daerah gerbang Kerajaan Majapahit

Demikian beberapa peristiwa penting yang menjadi sejarah di tanah air. Admin dalam hal ini berbatas dari peristiwa umum yang menjadi nilai sejarah. Adapun ada yang luput, bisa didiskusikan di waktu tertentu.

Sumber: blogunik.com dan wikipedia.org. 
(Admin/ed)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format