0

Sesuai UU Pendidikan Nasional No. 20 Pasal 3 Tahun 2003, maka pendidikan nasional harus mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pedoman pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan telah diatur dalam Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014. Kegiatan ekstrakurikuler sebagaimana yang dimaksud dalam Permendikbud ini dikelompokkan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib dan kegiatan ekstrakurikuler pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik, yakni Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler pilihan meliputi kegiatan yang mengacu pada minat, bakat, serta kemampuan peserta didik sesuai pilihannya.

Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan bertujuan agar peserta didik kuat karakter spiritual dan sosial, mantap kebangsaan dan kenegaraan Indonesia, dan kokoh kecakapan diri sehingga peserta didik kelak mampu hidup di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, EWPK juga dilaksanakan untuk Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik.

Kakak Dewi Yulianis saat memberikan materi (Foto: Tarju/2020)
Kakak Dewi Yulianis saat memberikan materi (Foto: Tarju/2020)

Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT), yang bertujuan untuk meningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan dan keterampilan, jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang dalam bingkai nilai-nilai ke Islaman serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

Sertijab Kagudep lama dengan Kamabigus (Foto: Tarju/2020)
Sertijab Kagudep lama dengan Kamabigus (Foto: Tarju/2020)

Salah satu ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh siswa SDIT Al Uswah Tuban adalah kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka menjadi salah satu wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas serta membentuk watak yang sesuia dengan dasa darma pramuka. Pada 23 Desember 2020 tim Pramuka SDIT Al Uswah Tuban mengikuti kegiatan pelatihan ekstra wajib pendidikan kepramukaan (EWPK).

Kagudep baru kakak 'Ulya dengan Kamabigus (Foto: Tarju/2020)
Kagudep baru kakak ‘Ulya dengan Kamabigus (Foto: Tarju/2020)

Kakak Dewi Yulianis sebagai kepala gudep (kagudep) lama didapuk sebagai pemateri. Kegiatan ini sekaligus serah terima jabatan (sertijab) Kagudep 01.137-01.138 pangkalan SDIT Al Uswah Tuban. Ada tali asih untuk kak Dewi Yulianis dari sekolah untuk beliau yang tahun depan telah mengabdi sebagai abdi negara di sekolah lain. Kagudep baru di SDIT Al Uswah Tuban dijabat kakak Kholifatul ‘Ulya.

Materi di luar ruangan EWPK (Foto: Tarju/2020)
Materi di luar ruangan EWPK (Foto: Tarju/2020)

“Alhamdulillah bersyukur bisa mendapatkan amanah ini. Meskipun rasanya berat karena dari segi pengalaman juga masih sangat kurang dan harus belajar lagi. Tapi, bismillah dijalani. Semoga bisa mengemban amanah ini dengan baik. Insyaallah bisa karena saya bersama tim Pramuka SDIT Al Uswah Tuban yang hebat dan solid,” tutur Kak ‘Ulya.

Kegiatan ini di isi materi di dalam ruangan dan luar ruangan. Dengan penggabungan materi dan praktek yang terpadu.

Sesi foto bersama seusai materi di luar ruangan EWPK (Foto: Tarju/2020)
Sesi foto bersama seusai materi di luar ruangan EWPK (Foto: MC/2020)

Waka Kesiswaan SDIT Al Uswah Tuban kakak Faizah Nuril Janah, mengatakan mempunyai harapan besar di Kagudep baru di sekolah Adiwiyata mandiri nasional ini. Seluruh kakak pembina siap sedia dan mampu menerapkan seluruh panduan EWPK secara maksimal di pangkalan SDIT Al Uswah Tuban tercinta. Mutu pembinan terus kami tingkatkan.

Adapun perencanaan target di tahun 2021, yakni: melaksanakan EWPK, melahirkan Pramuka Garuda siaga, menjadi sekolah pilot projek pramuka siaga Kwaran Cabang (Kwarcab) Tuban dan berprestasi di event kepramukaan di tingkat daerah dan nasional.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format