0

Oleh: Dea Lonita Sari, S.Pd.*

Pada hakikatnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Namun nyatanya masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan jika diasah dengan baik.

Potensi artinya kemampuan atau kekuatan yang bersifat fisik maupun psikis. Namun potensi merupakan modal dasar yang harus diwujudkan dan dibuktikan secara nyata karena bila tidak ada usaha untuk meuwujudkan maka sebuah potensi hanya akan terpendam. Seperti halnya jika seorang siswa disebut berpotensi tinggi seharusnya prestasi belajarnya terbukti baik.

Potensi memang banyak unsur dan ragamnya yaitu: (1) Potensi fisik misalnya terdiri atas: keadaan jasmaniah, ukuran/ bentuk dan penampilan fisik, kualititas inderawi, daya tahan tubuh, kesehatan, dll. (2) Potensi non fisik antara lain: intelegensi, ciri/sifat kepribadian, kematangan emosional, motivasi, sikap, dll.

Jika seseorang hanya memiliki potensi fisik dan tidak memiliki potensi non fisik maka dianggap tidak memiliki potensi begitu pun sebaliknya. Hal tersebut tentu saja salah, karena setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Namun bagaimana kita bisa mengenali potensi yang dimiliki? Berikut tips mengenali potensi diri :

Kenali diri sendiri

Mulailah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu dengan cara mengobservasi tentang hal-hal kecil seperti sesuatu yang disuka, kelebihan dan kelemahan lalu jawablah pertanyaan yang telah dibuat sendiri dan mintalah bantuan orang lain untuk menilai.

Tentukan tujuan hidup

Menentukan tujuan hidup mulai dari tujuan jangka pendek maupun jangka panjang secara realistis (sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki).

Kenali motivasi hidup

Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali motivasi hidup kita, apa yang bisa membuat kita semangat karena motivasi yang utama ada pada diri sendiri

Hilangkan negatif thinking

Buanglah pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah kita mencapai tujuan. Setiap kali kita menghadapi hambatan jangan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kita perbuat, alangkah lebih baik kita coba untuk evaluasi kembali apa yang perlu diperbaiki.

Jangan mengadili diri sendiri

Jika terjadi sesuatu yang tidak diingkan dalam mecapai tujuan kita, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. *Pendidik BK di SMPIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp