0

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan program Belajar dari Rumah yang akan ditayangkan di salah satu televisi tanah air, yakni TVRI, kurang lebih selama tiga bulan. Menyusul dampak dari Covid-19 yang tengah merebak di Indonesia. Program Belajar dari Rumah rencananya akan mulai tayang di TVRI per tanggal 13 April 2020, dimulai pukul 08.00 WIB.

Dalam SIARAN PERS Nomor: 083/Sipres/A6/IV/2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim mengatakan Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19, khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis.

Pelaksanaan program ini merupakan kelanjutan dari langkah Kemendikbud menyediakan sarana yang bisa dipakai oleh para siswa untuk melaksanakan kegiatan “Belajar dari Rumah” selama pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Nadiem, Kemendikbud membuat program tersebut karena tidak semua peserta didik maupun guru memiliki kemampuan mengakses platform pembelajaran online dengan maksimal. Selain itu, pembuatan program Belajar dari Rumah di TVRI merupakan respons Kemendikbud terhadap masukan Komisi X DPR yang disampaikan dalam Rapat Kerja pada 27 Maret lalu.

Nadiem menjelaskan konten pembelajaran dalam program “Belajar dari Rumah” akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter. Program Belajar dari Rumah bisa dinikmati oleh anak-anak dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga dewasa.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar menuturkan, pada akhir pekan, yakni pada Sabtu dan Minggu, ada durasi tiga jam khusus untuk program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

Kemudian di malam hari akan ada pemutaran film Indonesia dengan pilihan berbagai genre, seperti film anak, drama, dan dokumenter. Ia mengatakan, Kemendikbud akan menyiapkan 720 episode untuk penayangan program “Belajar dari Rumah” selama 90 hari di TVRI. Saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan tayangan untuk dua minggu pertama, sambil memproduksi untuk tayangan di minggu-minggu berikutnya. Berikut pembagian jam tayang untuk program Belajar dari Rumah di TVRI setiap harinya.

Seperti dilansir di Kompas.com ada jadwal yang bisa dinikmati oleh masyarakat melalui TVRI, di antaranya:

Senin – Jumat 08.00 – 08.30 WIB Program untuk PAUD

08.30 – 09.00 WIB Program untuk Kelas 1-3 SD/MI

10.00 – 10.30 WIB Program untuk Kelas 4-6 SD/MI

10.30 – 11.00 WIB Program untuk jenjang SMP

14.00 – 14.30 WIB Program untuk jenjang SMA

14.30 – 15.00 WIB program Pengasuhan dan Pendidikan Anak

19.00 – 23.30 Film Terbaik Indonesia

Sabtu – Minggu 08.00 -23.00 WIB Tayangan Kebudayaan dan Film Terbaik Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp