0

Nasional Menurut UU No. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Ki Hajar Dewantara (Pendidikan sistem among) yang dinobatkan sebagai bapak pendidikan tanah air mengatakan bahwa pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Esensi pendidikan merupakan pembentukan karakter. Seluruh sentra pendidikan harus memilikinya. Sayangnya, pemahaman tentang konsep pendidikan pun semakin kabur, sehingga esensinya pun hilang. Ada kecenderungan makna pendidikan direduksi menjadi pembelajaran. Umumnya, komunitas pendidikan di Indonesia memaknai pendidikan sama dengan pembelajaran.

Pendidikan merupakan transformasi nilai yang terintegrasi menjadi karakter (kepribadian). Mereka yang memiliki karakter cenderung menampakkan perilaku tingkat normatif yang semakin lebih baik. Itulah esensisnya. Pilar utama pendidikan yakni terbentuknya karakter yang baik.

Tiga sentra pendidikan, yakni keluarga, sekolah dan masyarakat. Sentra pendidikan di keluarga disebut pendidikan informal di mana proses pendidikan terjadi antara interaksi orang tua dengan anak. Sentra pendidikan di sekolah disebut pendidikan formal di mana proses pendidikan berlangsung antara interaksi guru dengan murid yang terencana dan terorganisir secara formal. Sentra pendidikan di masyarakat disebut pendidikan nonformal di mana proses pendidikan terjadi antara interaksi instruktur (pelatih) dengan peserta pelatihan, atau interaksi dengan lingkungan sosial. Oleh karena di ketiga sentra tersebut terjadi interaksi pendidikan maka di sana dibutuhkan esensi pendidikan.

Menurut Suyitno menyatakan bahwa  “ada enam  prinsip yang melandasi kemungkinan manusia akan dapat dididik, yaitu prinsip potensialitas, prinsip dinamika, prinsip individualitas, prinsip sosialitas, prinsip moralitas, dan prinsip Keberagamaan atau religiusitas.” Dari enam tersebut memiliki korelasinya. Saling terhubung untuk melengkapi menjadi keutuhan.

Pendidikan merupakan kebutuhan semua manusia, namun kita seringkali melupakan atau bahkan tidak memahami esensi dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan secara seimbang unsur pribadi manusia berikut, yaitu jasmani, rohani, intelektual, estetika dan sosial yang diarahkan pada satu tujuan pendidikan utama yaitu untuk memanusiakan manusia. Untuk itu, pendidikan harus direncanakan secara serius dan komprehensif dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan yang mencakup berbagai aspek pembangunan pendidikan. Prioritas kebutuhan inilah yang menjadi dasar bagi penyusunan program jangka panjang, menengah atau jangka pendek.

Dalam UUD 1945 di bab II Pasal 2 dasar pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Fungsi; Pasal 3, Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan perilaku manusia agar dapat secara aktif mengembangkan potensi diri yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada dirinya yang dilakukan melalui usaha sadar/teroganisir, terencana, dan berlangsung sepanjang hayat yang diarahkan pada satu tujuan utama yaitu untuk memanusiakan manusia.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp