-1
-1 points

Oleh: Tia Ayu Zulaekha, S.Pd*

Covid-19 (Corona Virus Disease), wabah penyakit yang sedang melanda dunia sejak Desember 2019 ini telah membuat masyarakat dunia untuk membatasi aktifitas yang dilakukan di luar rumah. Alhasil, masyarakat kini diwajibkan untuk bekerja dan sekolah dari rumah dengan sistem daring (dalam jaringan). Salah satu efek yang mungkin dirasakan oleh orangtua ketika masa ini adalah prosentase anak dalam menggunakan smartphone justru meningkat dari pada ketika mereka belajar di sekolah.

Hal ini disebabkan karena anak lebih banyak mempunyai waktu di rumah dan mereka akan membuang rasa jenuhnya dengan cara bermain smartphone. Berikut adalah tips yang bisa diterapkan orangtua untuk mengurangi penggunaan smartphone pada anak.

Meminimalisir anak mengerjakan tugas menggunakan smartphone.

Sekolah sistem daring memang mengharuskan anak menggunakan teknologi informasi untuk mengakses dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Namun, orangtua bisa mengalihkan anak ke komputer atau laptop untuk mengerjakan tugas dengan catatan tetap dalam pengawasan orangtua. Sehingga, anak hanya akan mengakses ponsel pintar mereka untuk mencari informasi tugas dari sekolah saja.

Sediakan buku kesukaan anak.

Sebagai ganti smartphone, orangtua harus menyediakan buku yang digemari anak di rumah. Hal ini ditujukan agar anak bisa menggunakan waktu luangnya di rumah untuk membaca, sehingga minat literasi anak juga bisa meningkat.

Ajak anak untuk memperbanyak ibadah sunnah.

Selain ibadah fardhu, alihkan perhatian anak untuk mengisi waktu luang dengan memperbanyak ibadah sunnah, seperti puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, sholat sunnah, dll. Selain mengurangi penggunaan smartphone, anak juga akan terbiasa untuk memperbanyak amalan akhiratnya.

Berikan tontonan kajian islami.

Untuk membunuh rasa bosan di rumah, orangtua bisa mengajak anak untuk menimba ilmu agama lewat video kajian islami yang ditayangkan di televisi ataupun koleksi video kajian yang ada di komputer. Selain bisa mengalihkan perhatian, anak-anak juga bisa mendapatkan ilmu agama yang banyak dari video kajian islami.

Berikan tanggung jawab untuk mengurus pekerjaan rumah.

Memberi tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga adalah salah satu alternatifnya. Anak bisa diberikan tanggung jawab untuk membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring, dll. Hal ini agar anak bisa menggunakan waktu bosannya untuk melakukan hal-hal bermanfaat dan membantu meringankan pekerjaan rumah orangtua. Sehingga, anak tidak mempunyai banyak waktu untuk bermain gadget di sela waktu luangnya.

Ajak anak menghafal Al-Qur’an.

Hal yang sangat bermanfaat lainnya adalah dengan mengajak anak untuk sedikit demi sedikit menghafal surah-surah dalam Al-Qur’an. Kemudian, orangtua bisa berperan menyimak dan membetulkan hafalan anaknya. Kegiatan ini akan membuat anak melupakan smarphone-nya secara perlahan.

Fasilitasi anak untuk melakukan hobinya di rumah.

Dengan melakukan kegiatan favorit, anak bisa sedikit demi sedikit bisa mengurangi kebiasaannya menggunakan gadget. Dengan catatan, hobi yang dimiliki ini positif, bukan hobi bermain game online, bermain TikTok, ataupun bersosial media. Hobi yang bisa difasilitasi di rumah seperti bermain catur, rubik, monopoli, menggambar, melukis, dan kegiatan positif lainnya.

Bangun komunikasi yang baik dengan anak dan jadilah teladan.

Tips terakhir, namun juga yang paling penting bagi orangtua adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan anak. Komunikasi dari hati ke hati antara orangtua dan anak akan membuat anak merasa nyaman dan akan menerima nasehat orangtua dengan baik. Selain itu, orangtua juga harus menjadi contoh yang baik bagi anaknya dengan tidak banyak menggunakan smartphonenya di hadapan anak-anaknya. Sehingga, nasehat untuk mengurangi penggunaan ponsel pintar juga bisa diterapkan oleh anak-anaknya. *Pengajar di SMAIT Al Uswah (Ti/ed)


Like it? Share with your friends!

-1
-1 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format