0

Oleh: Dea Lonita Sari, S.Pd.*

Dua jenis penyakit yang banyak diidap, terutama di musim pancaroba adalah batuk dan pilek. Banyak orang masih menganggap remeh kedua penyakit yang sering datang bersamaan ini. Menganggap penyakit ini adalah penyakit yang ringan sehingga tidak segera memberi pengobatan dan bahkan tidak menutup mulut dan hidung ketika sedang batuk yang akan membuat orang lain di sekitar dapat tertular.

Ketika seseorang pilek kemudia keesokan harinya biasanya akan disertai batuk juga. Keduanya sering terjadi secara bersamaan sehingga menimbulkan pertanyaan, “mengapa pilek sering disertai batuk?”

Dikutip dari halodoc, berikut penjelasan mengapa pilek sering disertai batuk serta cara penanganannya. Penyebab batuk saat pilek batuk dan pilek adalah dua penyakit yang berbeda. Namun, pilek yang diidap sering disertai dengan batuk. Alasannya karena saat virus pilek menyerang tubuh melalui lapisan hidung, tubuh merespons dengan melawan virus tersebut dengan melepaskan senyawa mediator peradangan yaitu bradikinin. Senyawa tersebut ini yang membuat tenggorokan terasa sakit.

Mediator lain yang juga dilepaskan untuk melawan virus pilek adalah tachykinin, peptida, dan leukotrien. Seluruh mediator tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya batuk saat pilek. Produksi lendir yang berlebih saat pilek bisa merangsang reseptor saraf sehingga menyebabkan batuk. Hal ini terjadi akibat adanya rangsangan lendir ke ujung saraf di saluran napas.

Mengobati Batuk Saat Pilek. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk saat pilek:

  • Mengonsumsi satu sendok teh madu untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan
  • Perbanyak minum air putih hangat untuk memecah lendir dan melembapkan tenggorokan
  • Menghirup uap panas untuk melembapkan dan menghilangkan gatal tenggorokan
  • Istirahat yang cukup agar tubuh bekerja optimal dalam melawan virus
  • Menghindari udara kotor yang bisa mengiritasi batuk
  • Mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi obat untuk mengeluarkan lendir, meredakan batuk, dan meredakan hidung tersumbat. Kamu perlu berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. *Pendidik BK di SMPIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp