0

Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas segala nikmat yang diberikan. Salawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Rasulullah Saw.

Al Uswah Centre Tuban selalu memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-sisiwinya. Tidak hanya untuk siswanya, Al Uswah Tuban juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada segenap wali murid dalam upaya pendidikan anak.

Di kesempatan kali ini, Al Uswah Centre Tuban menggelar Webinar Parenting dan Halal Bihalal. Acara diselenggarakan via zoom meeting bersama guru, wali murid (POMG) dan panitia dan disiarkan di channel Youtube resmi aluswah tubanofficial. Dengan rasa syukur bahagia atas segala fase yang dilewati oleh Al Uswah Centre Tuban. Lembaga yang konsisten di bidang pendidikan Islam dari usia dini hingga remaja di Kabupaten Tuban.

Flyer resmi dari YACT (sumber: MC/2021)
Flyer resmi dari YACT (sumber: MC/2021)

Acara yang bertajuk “Mendidik dengan Cinta” sukses mendapat respon luar biasa dari wali murid Al Uswah Tuban dan masyarakat umum, Ahad (13/6/2021). Ustaz Salim A. Fillah sebagai pematerinya. Adapun profil singkat beliau, yakni

Nama               : Salim A. Fillah

TTL                   : (lahir di Yogyakarta, DIY, 21 Maret 1984)

Pegiat               : Seorang penulis buku islami dari DIY, Indonesia. Namanya mulai dikenal luas setelah menerbitkan buku Nikmatnya Pacaran setelah pernikahan (2003). Selain penulis buku, Salim A. Fillah merupakan penggiat Masjid Jogokariyan, DIY.

Karya Tulis         :

  • Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan (2003)
  • Agar Bidadari Cemburu Padamu (2004)
  • Gue Never Die (2005)
  • Barakallahu Laka: Bahagianya Merayakan Cinta (2005)
  • Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim (2007)
  • Jalan Cinta Para Pejuang (2008)
  • Dalam Dekapan Ukhuwah (2010)
  • Menyimak Kicau Merajut Makna (2012)
  • Lapis-lapis Keberkahan (2014)
  • Menggali ke Puncak Hati (2015)
  • Rihlah Dakwah (2016)
  • Bersamamu di Jalan Dakwah Berliku (2016)
  • Sunnah Sedirham Surga (2017)
  • # Mncrgknskl (2018)

Dalam sambutannya, Ustaz Prayitno menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kepala sekolah, panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sebaik mungkin. Tim media center yang telah memfasilitasi acara ini.

Ustaz Prayitno saat memberikan sambutan (Foto: MC/2021)
Ustaz Prayitno saat memberikan sambutan (Foto: MC/2021)

Ayah dan bunda yang terus berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Seluruh karyawan yang terus aktif. Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin.

Dalam memberikan pendidikan kepada ananda, ada salah satu ayat, yakni Surat QS. An-Nahl ayat 125:

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

Artinya: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.

Peserta zoom merting (Foto: MC/2021)
Peserta zoom merting (Foto: MC/2021)

Dalam ayat tersebut, kita bisa mengambil pelajaran; satu tuntunan, satu dasar. Dalam rangka mendidik mencurahkan cintanya dalam mendidik.

Dengan memfokuskan, mengutamakan, dalam rangka menjadikan anak sebagai pribadi serius, sungguh-sungguh, komitmen di jalan Allah. Gambaran metode pemfokuskan, sarana dengan hikmah, dan teladan yang baik. Ketika pendidik mendapat sesuatu yang tidak bekenan, bantahlah dengan cara yang baik. Allah tetap berpesan kepada Allah untuk berbuat baik. Sekecil apapun yang diberikan oleh pendidik dalam memberikan hal positif bagi ananda.

Ustaz Khoirul Fatah saat bertilawah (Foto: MC/2021)
Ustaz Khoirul Fatah saat bertilawah (Foto: MC/2021)

Dalam memberikan materinya, Ustaz Salim A. Fillah menyampaikan penting menjaga keluarga dari panas api neraka. Beliau mengutip salah satu ayat Al-Qur’an. Ada beberapa ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW yang mengingatkan kita agar memelihara keluarga dari api neraka. Misalnya, surah at-Tahrim ayat 6. Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Ustaz M. Sahlan sebagai moderator (Foto: MC/2021)
Ustaz M. Sahlan sebagai moderator (Foto: MC/2021)

Imam Ali bin Abi Thalib menjelaskan makna ayat itu, “Didiklah diri dan keluargamu dengan perbuatan baik dan saleh.” Allah Ta’ala secara tegas memerintahkan kita untuk mendidik diri sendiri dan keluarga dengan ajaran-ajaran agama. Dengan begitu, terbentuklah suatu keluarga Muslimin yang bertakwa.

Perintah ini menjadi lebih jelas bagi pihak laki-laki, yakni kepala keluarga. Pihak ini adalah pemimpin. Dan, tiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban. Ingatlah sabda Rasulullah SAW: “Kalian semua adalah pemimpin dan seluruh kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpin. Penguasa adalah pemimpin dan seorang laki-laki adalah pemimpin, wanita juga adalah pemimpin atas rumah dan anak suaminya. Sehingga seluruh kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin” (Muttafaqun alaihi).

Panitia dari ustazah (Foto: MC/2021)
Panitia dari ustazah (Foto: MC/2021)

Tanggung jawab juga meliputi hubungan antara orang tua dan anak. Tugas orang tua tak sekadar memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan untuk para buah hatinya. Lebih dari itu, anak-anak juga perlu kasih sayang dan didikan yang mantap, terutama dalam bidang agama.

Dalam doa-doa kita sering kali mengucap rabbana adabannar. Ada orang masuk surga tanpa hisab, ada orang masuk dengan cara menebus kesalahannya dahulu. Menjadi keinginan kita bersama bahwa masuk surga tanpa hisab dan masuk surga dihisab namun lebih banyak amal salehnya. Artinya, kita tidak masuk ke neraka dahulu sebelum ke surga. Lindungi keluarga kita dari panasnya api neraka.

Ibnu Qayyim al-Jauziyah menasihati, “Siapa yang tidak memperhatikan pendidikan anak-anaknya, dan meninggalkannya begitu saja, maka ia sungguh telah melakukan kejelekan yang paling besar kepada mereka.”

Ada hadits nabi yang berbunyi;

كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، حَتَّى يُعْرِبَ عَنْهُ لِسَانُهُ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

“Setiap anak yang lahir dilahirkan di atas fitrah hingga ia fasih (berbicara). Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” Hadits ini diriwayatkan oleh al-Baihaqi dan ath-Thabarani dalam al-Mu’jamul Kabir.

Panitia dari ustaz (Foto: MC/2021)
Panitia dari ustaz (Foto: MC/2021)

Penting sekali bahwa kita semua sebagai orang tua mendidik dengan cinta. bagaimana? mendidik dengan doa itu pertama.

Allah berfirman,

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. al-Furqan: 74).

Allah berfirman dalam QS. Ibrahim Ayat 37, رَبَّنَآ اِنِّيْٓ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِيْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙ رَبَّنَا لِيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَفْـِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِيْٓ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ

Artinya: Ya Tuhan, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
2
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format