0

Kita bisa berbangga karena lahir di negara Indonesia. Indonesia memiliki banyak suku, budaya, kesenian, bahasa, peradaban, kekayaan alam, dan tanah yang subur. Berbicara mengenai kesenian, Indonesia bisa dikategorikan sebagai negara berbudaya karena memiliki ratusan kesenian tradisonal yang masih dilestarikan hingga kini.

Bahkan beberapa diantaranya menjadi sorotan dunia lantaran pernah diklaim oleh bangsa asing. Kekayaan itu perlu dijaga dan dipertahankan sebab warisan termahal dari leluhur kita. Dunia pun telah mengakui bahwa itu milik bangsa Indonesia. Sebagai bangsa sudah sepatutnya kita bangga atas semua ini. Karena hal ini pula kesenian Indonesia lainnya menjadi populer di mancanegara.

Apa sajakah kesenian Indonesia yang diakui dunia dan populer di mancanegara tersebut? Seperti dilansir di laman infobudayaindonesia.com,  berikut adalah informasinya;

Seni pertunjukan wayang

Bagi masyarakat Indonesia nama wayang bukanlah nama yang asing. Wayang petama kali diakui dunia pada tahun 2003. Di tanah air sendiri, seni pertunjukan wayang sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Pada tahun 1950, seni lokal wayang berjaya dan sering ditampilkan pada acara ataupun hajatan masyarakat. Di Indonesia ada beragam wayang yang ditandai dengan ciri khas bahasa maupun lakon ataupun tokoh pewayangan itu sendiri. Misalnya saja wayang Jawa akan berbeda dengan wayang Bali.

Seni permainan musik angklung

Satu lagi kesenian yang berasal dari Indoensia namun juga populer di kalangan masayarakat dunia yaitu seni permainan musik angklung. Ya, angklung adalah sebuah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Pembuatan angklung sendiri dikerjakan oleh orang-orang profesional agar nada yang keluar dari dalam angklung bisa pas san nyaring. Seni permainan musik angklung dikenal dunia dan diakui UNESCO pada tahun 2011.

Lantaran menjadi suatu kesenian yang turun temurun dari nenek moyang serta unik, seni permainan musik angklung ramai diminati oleh masyarakat mancanegara. Bahkan tak jarang para pelajar maupun wisatawan antusias sekali untuk belajar bermain musik angklung di tanah air. Beberapa negara yang masyarakatnya menggemari angklung ialah Korea, Malaysia serta Jepang.

Tari Saman

sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Rasulullah SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton. Wikipedia.id.

Batik

Salah satu warisan budaya Indonesia yang juga dicatut oleh Malaysia. Untungnya, UNESCO sudah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2009 silam, tepatnya tanggal 2 Oktober 2009 yang kemudian dikenal sebagai Hari Batik Nasional.

Batik merupakan motif atau gambar yang di tuangkan pada kain yang di proses secara khusus dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan gambar dan motif yang menarik. Hampir setiap provinsi di indonesia mempunyai kain ciri khas mereka.

Kerajinan batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman Majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya. Meluasnya kesenian batik menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad 18 atau awal abad 19. Batik yang dihasilkan ialah batik tulis sampai awal abad 20 dan batik cap dikenal baru setelah usai Perang Dunia I atau sekitar 1920. Kini batik sudah menjadi bagian pakaian tradisional dan modern Indonesia. Batik juga termasuk jenis kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi.

Gamelan

Seperangkat alat musik tradisional yang banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Bali ini diresmikan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2014 silam. Pemerintah Indonesia mengajukan peresmian warisan budaya ke UNESCO agar alat musik ini bisa terus dilestarikan.

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan. duniapendidikan.co.id

Reog

Tarian tradisional dalam arena terbuka yang berfungsi sebagai hiburan rakyat, mengandung unsur magis, penari utama adalah orang berkepala singa dengan hiasan bulu merak, ditambah beberapa penari bertopeng dan berkuda lumping.

Reog merupakan salah satu seni budaya yang berasal dari  Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat Reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Wikipedia.id.

Selebihnya, masih banyak kesenian yang datang dari berbagai daerah di Indonesia yang mendunia. Dalam edisi kali ini, fokus atas artikel ini ya, Sahabat Al Uswah. Sudah menjadi tugas dan kewajiban masyarakat di tanah air untuk tetap melestarikan kesenian yang belum terekspos tersebut. (Admin)

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
1
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
1
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format