0
1 share

Para sahabat-sahabat Al Uswah sekalian yang berbahagia dan senantiasa di cintai Allah, Tahukan sahabat mengenai bulan Jumadil Akhir? Yah, bulan jumadil akhir adalah bulan keenam dalam kalender hijriyah. Bulan ini memiliki beberapa peristiwa penting yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Namun, bukan berarti bulan yang lain tidak memilikinya. Setiap bulan memiliki momen yang beragam.

Jamadil Akhir (Jamada al-Akhir) membawa pengertian pengakhiran musim sejuk dan dingin. Dari segi bahasa, ‘Jumad’ bermaksud kering atau beku dan ‘Akhir’ berarti pengakhiran atau penghabisan. Bulan ini dinamakan sedemikian karena dalam bulan tersebut orang Arab pada zaman dahulu mengalami akhir musim sejuk yang begitu dingin dan terjadi kekeringan air atau kebekuan bekalan air. Pada ketika itu semua parit, telaga, sungai dan lembah lebih menyejuk, menjadi kering (mengeras) dan beku.

Para ulama menyebutkan bahwa ada beberapa ibadah yang dapat dilakukan kaum muslimin pada bulan Jumadil Akhir agar semakin dekat dengan Allah Swt. Seperti puasa di tengah bulan, shalat sunnah pada akhir bulan, dan lainnya.

Peristiwa di Bulan Jumadil Akhir;
Ada banyak peristiwa penting yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Salah satunya adalah keyakinan bahwa pada bulan ini, malaikat Jibril turun menemani Rasulullah Saw. Bulan ini diyakini juga sebagai bulan kelahiran putri Rasulullah Saw, Sayyidah Fatimah.

Selain itu, di bulan Jumadil Akhir juga pasukan Islam meraih kemenangan dalam menundukkan kekuasaan Byzantium atau Roma. Kemenangan tersebut diketuai oleh Khalid bin Walid, seorang tentara Islam yang terkenal saat itu.

Berkat kecerdikan dan strategi yang ia miliki, Khalid bin Walid berhasil mengalahkan tentara Byzantium yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tentara Islam.

Selain itu, ada juga peristiwa meninggalnya khalifah pertama dalam islam, yaitu Sayyidina Abu Bakar ash Shiddiq. Beliau wafat tepat pada tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 H, usia beliau genap 63 tahun.

Bulan ini juga khalifah ke-2 Sayyidina Umar bin Khattab dilantik untuk menggantikan Khalifah pertama.

Peristiwa penting di Jumadil Akhir yang lain, yakni 1 Jumadil Akhir: Awal turunnya wahyu, 3 Jumadil Akhir: Wafat Fatimah Az-Zahra, Putri Nabi saw., 13 Jumadil Akhir: Wafat Fatimah binti Hazm (Ummul Banin), 20 Jumadil Akhir: Wiladah Fatimah Az-Zahra (putri Nabi Muhammad saw.) dan 21 Jumadil Akhir: Wafat Zainab binti Ali.

Demikianlah peristiwa-peristiwa yanga terjadi di bulan Jumadil Akhir. Semoga penjelasan tentang peristiwa-peristiwa ini bermanfaat bagi para pembaca dan sahabat-sahabat sekalian serta semoga senantisa Allah menunjukan jalan kebenaran kepada kita semua.

Referensi: Laz Alhakim, wikiShia, dan buku ‘Kalender Ibadah Sepanjang Tahun’ oleh Ustaz Abdullah.


Like it? Share with your friends!

0
1 share

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp