0

Pendidikan anak usia dini adalah bermain sambil belajar. Sudah menjadi kebiasaan ketika melihat sesuatu yang baru pasti ingin mendekat, memegang atau memainkannya. Terlebih dengan hal-hal yang menyangkut seni. Anak-anak yang kebanyakan atau umumnya suka mencoret-coret itu adalah bagian dari seni dan kreativitas mereka.

Oleh karena itu anak harus diajarkan atau diberikan stimulus untuk beberapa seni, dengan cara membuat seni karya. Seni karya adalah kegiatan menghasilkan karya seni menggunakan tangan melalui beragam media seni. Melalui seni karya ini anak dapat mengidentifikasi membangun dan menghubungkan antara pengetahuan, minat dan pengalaman kemudian mengekspresikan melalui sebuah karya.

Dengan sub tema Tuban Bumi Wali dan sub tema Kerajinan Khas Tuban, pagi itu ustazah mengenalkan kepada anak-anak salah satu contoh kerajinan khas yang ada di Kota Tuban, yaitu gerabah.

Apa itu gerabah? Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung yang dibentuk, kemudian dibakar dan dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia, contoh: Kendi (tempat untuk menyimpan air). Periuk (alat untuk memasak nasi). Belanga (alat untuk memasak sayur). Anglo (alat untuk memasak yang serupa dengan kompor). Celengan (tempat untuk menyimpan uang). cobek (untuk menghaluskan bumbu)

Ustazah tidak hanya menjelaskan lewat gambar aja ya ayah dan bunda. Tapi ustazah KBIT Al Uswah juga memperlihatkan video cara atau proses membuat gerabah kepada anak-anak. Anak-anak sangat antusias dan senang sekali ketika melihat video tersebut. Setelah menonton video, kegiatan anak-anak adalah melukis gerabah, tetapi sebelum anak-anak melukis gerabah ustazah menyiapakan bahan-bahannya dulu ya. Ada gerabah, kuas dan cat air. Setelah semua bahan siap langsung deh..

Teman-teman bergegas mulai melukis gerabah sesuai kreatifitas masing-masing, ada yang melukis dengan menggunakan satu warna saja. Ada juga teman-teman yang melukis dengan menggunakan bermacam-macam warna. Semua tampak terlihat sekali,

Waaah… Bagaimana teman-teman senangkan? (Ren/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp