0

Empat sehat lima sempurna

Cobalah tebak apa namanya

  • Pertama nasi
  • Kedua lauk
  • Ketiga sayur
  • Keempat buah
  • Tambah satu itulah susu

Badanku sehat jiwaku kuat..

Yaa.. itulah nasyid penyemangat pagi yang cerah sebelum ustazah mengawali pembelajaran hari itu bersama anak-anak saleh dan hebat.

Tuban, 21 September 2021, melalui tema “Aku Cipataan Allah” di Sub Tema Kesukaanku (makanan), pagi itu ustazah mengajak anak-anak untuk menyiapkan tiruan makanan sehat, tapi sebelum ustazah mengajak anak-anak bermain menyiapkan tiruan makanan sehat, tetap seperti biasa ya ayah dan bunda. Ustazah menjelaskan dulu apa saja sih contoh makanan sehat itu.

Contoh makanan sehat itu di antaranya ada roti, buah, susu, sayur dan masih banyak lagi. Makanan sehat itu makanan yang bergizi dan membuat badan kita menjadi sehat.

Makanan yang baik harus mengandung 5% atau lebih dari angka kecukupan gizi anak sekolah, yaitu : protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B3 (Niasin), kalsium dan zat besi. Agar dapat memenuhi kebutuhan gizi pada anak. Kebutuhan gizi anak dapat tercukupi dengan baik apabila anak tersebut rajin atau gemar mengkonsumsi aneka sayur dan buah.

Setelah ustazah di KBIT Al Uswah Tuban menjelaskan makanan sehat, sekarang bergantian ustazah meminta anak-anak untuk menyebutkan contoh makanan tidak sehat itu apa saja? dan anak-anak langsung menjawab dan bisa memberikan contoh, contohnya ada  permen, chiki, mi instan, kalau makanan tidak sehat itu makanan yang bisa membuat kita sakit, karena banyak mengandung pewarna makanan, kadar MSG dan bahan pengawet.

Waaah.. sepertinya anak-anak sudah tidak sabar lagi untuk menyiapkan tiruan makanan sehatnya, ayo kita intip teman-teman apa saja bahan yang disiapkan oleh ustazah ya.. ada tiruan nasi (kapas), sayur (potongan kertas krep), tiruan ikan (gambar ikan), tiruan telur (kertas warna putih dan kuning), dan terakhir ada slamir (untuk piring). Kemudian ustazah memberikan contoh cara menyiapkannya, stelah itu langsung deh anak-anak bersegera menyiapakan tiruan makanan sehatnya.

Alhamdulillah ayah dan bunda sekarang aku jadi tahu mana makanan sehat yang boleh aku makan dan mana makanan tidak sehat yang tidak boleh aku makan.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp