0

Belajar makan sendiri merupakan perkembangan penting bagi ananda. Bagi orang dewasa tentu makan sendiri merupakan hal yang mudah dilakukan, tapi anak-anak perlu belajar makan dengan baik. Mengajari anak makan sendiri mungkin bukan merupakan hal yang mudah, tapi menyuapi anak terus-terusan sampai ia besar juga tidak baik, dan akan menghambat perkembangannya.

Dengan Sub Tema “Aku Siap Mandiri dan Berkreasi” pagi itu ustazah mengajak teman-teman baru KBIT Al Uswah Tuban untuk bermain belajar makan dan minum sendiri sesuai adab Islami. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan fisik motorik ananda dan pemantapan kemandirian serta belajar makan dan minum sendiri sesuai adab islami.

Sebelum ustazah mengajak teman-teman bermain belajar makan dan minum sendiri, seperti biasa, ya ayah bunda. Ustazah menjelaskan dulu bagaimana tata cara atau adab makan dan minum, yaitu: mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, berdoa sebelum dan sesudah makan, makan dan minum menggunakan tangan kanan, makan dan minum sambil duduk dan tidak berdiri dan tentulah ambil yang terdekat.

Anak saat makan (Foto: Reny/2021)
Anak saat makan (Foto: Reny/2021)

Seperti yang ada di dalam hadist adab makan “Yagullam samillaha wakul biyaminika wakul mimayalika” yang artinya wahai anak bacalah basmallah, makan dengan tangan kanan makan yang terdekat.

Naaah, setelah ustazah memberikan dan menjelaskan bagaimana tata cara atau adab makan dan minum anak-anak langsung bersegera menikmati makanan yang telah disiapkan oleh bunda, tidak lupa sebelum makan teman-teman mencuci tangan dulu dan berdoa sebelum makan, ya ayah bunda.

Anak saat makan sendiri (Foto: Reny/2021)
Anak saat makan sendiri (Foto: Reny/2021)

Sambil menikmati makanan tersebut tidak lupa ustazah langsung mengamati dan menilai anak-anak, namun apabila di hari itu ada salah satu anak yang tidak ikut pembelajaran ustazah, maka orang tua juga tidak lupa untuk menyusul mengirim foto atau video sesuai jadwal pembelajaran di hari itu.

Waaaah… bagaimana teman-teman? mudahkan?

Ayo teman-teman di rumah tetap semangat belajar dan jaga kesehatan dengan olah raga dan makan-makanan sehat dan bergizi.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp